SULASTRI, 084 101 030 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQHUN NISA’ DI MTS MIFTAHUL ULUM WIROWONGSO KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
BAB I balkis READY.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II balkis READY.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III balkis READY.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV balkis READY.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V balkis READY.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) | Preview |
Abstract
Sulastri, 2016: Implementasi Pembelajaran Fiqhun nisa’ di MTs Miftahul Ulum
Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2014/2015.
Wanita adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT diantara jutaan
makhluk lainnya. Allah memberikan tugas-tugas khusus kepada kaum wanita
yang tidak dibebankan kepada laki-laki.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran
fiqhun nisa’ di MTs Miftahul Ulum Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten
Jember tahun pelajaran 2014/2015?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
fiqhun nisa’ di MTs Miftahul Ulum Wirowongso Kecamatan Ajung kabupaten
Jember tahun pelajaran 2014/2015?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqhun
nisa’ di MTs Miftahul Ulum Wirowongso Kecamatan Ajung kabupaten Jember
tahun pelajaran 2014/2015?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran fiqhun nisa’ di MTs Miftahul Ulum Kecamatan Ajung Kabupaten
Jember tahun pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran fiqhun nisa’ di MTs Miftahul Ulum Wirowongso kecamatan Ajung
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi
pembelajaran fiqhun nisa’ di MTs Miftahul Ulum Wirowongso Kecamatan Ajung
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif diskriptif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang
penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, siswa. Tekhnik pengumpulan datanya
adalah menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Sedangkan
analisis data menggunakan model Miles Huberman yakni reduksi data, penyajian
data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan
pembelajaran fiqhun nisa’ di MTs Miftahul Ulum Wirowongso Kecamatan Ajung
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015 sangat ditekankan pada pemahaman
peserta didik dalam memahami makna dan isi kitab agar tujuan pembelajaran
tercapai secara efisien dan efektif. Materi fiqhun nisa’di ajarakaan dengan
panduan berupa kitab kuning.. Dan pelaksanaan pembelajaran fiqhun nisa’ dengan
menggunakan metode wetonan. Karena materi fiqhun nisa’ diajarkan dengan cara
guru memaknai, menerangkan. Kemudian di akhir pembelajaran peserta didik
harus praktik membaca kitab terkait dengan materi yang selesai diajarkan.
Sedangkan evaluasi atau penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik
dilakukan pada setiap minggu atau tengah semester. penilaian dilakukan setelah
proses pembelajaran selesai yakni guru memberikan pertanyaan atau menyuruh
peserta didik membaca makna kitab. Sedangkan penilaian setiap semester yakni
dengan di adakan ujian seperti umumnya. Dan tujuan khusus dari pembelajaran
fiqhun nisa’ adalah supaya siswa dan siswi akan terbiasa dalam memaknai kitab
dan lebih mudah memahami isi kitab tersebut
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN FIQHUN NISA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 03:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 03:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/100 |
Actions (login required)
View Item |