Hasanah, Ismatul (2022) Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Langkap Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Ismatul Hasanah_T20153055.pdf Download (96MB) |
Abstract
Ismatul Hasanah, 2022: Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Langkap Bangsalsari Jember
Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Pendidikan Karakter Siswa, SMK Full Day Bustanul Ulum
Manajemen Kesisiwaan merupakan pelaksanaan pengelolaan kesiswaan yang meliputi rekrutmen, seleksi, orientasi dan pembinaan siswa secara keseluruhan agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dengan tujuan dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi adalah: 1) bagaimana perencanaan Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Full Day Bustanul Ulum ? 2) bagaimana pelaksanaan Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Full Day Bustanul Ulum ? 3) bagaimana evaluasi Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Full Day Bustanul Ulum ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perencanaan Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Full Day Bustanul Ulum 2) untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Full Day Bustanul Ulum 3) untuk mengetahui evaluasi Manajemen Kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Full Day Bustanul Ulum
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan jenisnya deskriptif, menganalisis Manajemen kesiswaan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Full Day Bustanul Ulum. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara, dan dokumentasi, keabsahan data yang digunakan oleh peneliti menggunakan teknik triangulasi Sumber dan Teknik dan tahapan penelitian dimulai dari tahap pra lapangan dan tahap pelaksanaan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam perencanaan Manajemen peserta didik tentunya yang pertama sekolah akan merencanakan jumlah penerimaan calon peserta didik baru dan disesuaikan dengan jumlah siswa yang dibutuhkan oleh sekolah setelah menentukan jumlah penerimaan calon peserta didik sekolah akan mengadakan pembentukan panitia rekrutmen peserta didik bersama biro pendidikan pesantren dan guru; 2) Pelaksanaan manajemen peserta didik dalam penguatan pendidikan karakter yang melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan dalam pelaksanaan rekrutmen dengan tugas masing-masing panitia dan slelksi, orientasi serta pembinaan siswa setelah siswa diterima; 3) Dalam evaluasi manajemen kesiswaan kegiatan mengevaluasi, semua kegiatan mulai dari perencanaan manajemen kesiswaan yang meliputi rekrutmen, seleksi, orientasi dan pembinaan siswa sampai pelaksanaan perlu diadakan evaluasi guna untuk memperbaiki kegiatan yang kurang efektif dimasa mendatang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Isma Ismatul Hasanah |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:45 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10000 |
Actions (login required)
View Item |