PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS ZAT ADITIF DALAM BAHAN MAKANAN UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTI

Andi Mukhtarom, M. Darwis (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS ZAT ADITIF DALAM BAHAN MAKANAN UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Darwis Andi M_T201510001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Modul, Etnosains, Zat Aditif

Media pembelajaran yang berupa modul pembelajaran dapat digunakan peserta didik sebagai sumber” belajarnya. Pengajaran modul memiliki sistem atau metode pengajaran yang bersifat individu, artinya menggabungkan sebuah keuntungan-keuntungan dari berbagai hasil pengajaran individu lainnya, yang memiliki tujuan sebagai intruksional khusus, belajar menurut masing-masing” kecepatan belajar. Dikatakan modul yang baik dan tidak hanya menarik saja tetapi modul juga harus dapat merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap ilmu yang dipelajari.”Kemudian pembuatan modul juga memiliki sebuah tujuan yaitu untuk membantu siswa belajar lebih mandiri dengan berbagai macam kecepatan, cara, minat dan motivasi yang masing-masing siswa miliki untuk mencapai tujuan yang sama.”Berdasarkan definisi tersebut dan kita ketahui bahwa sebuah modul pembelajaran sangatlah penting dalam pelaksanaan proses belajar.
Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana validitas modul pembelajaran IPA Terpadu berbasis Etnosains dalam Zat Aditif untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Panti? 2) Bagaimana respon siswa terhadap modul pembelajaran IPA Terpadu berbasis Etnosains dalam Zat Aditif untuk kelas VIII di SMP Negeri 1 Panti?
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Untuk memvalidasi modul pembelajaran IPA Terpadu berbasis Etnosains dalam Zat Aditif di SMP Negeri 1 Panti. 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran IPA Terpadu dalam Zat Aditif di SMP Negeri 1 Panti.
Jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (RnD), yang mana penelitian ini untuk menghasilkan sebuah modul IPA berbasis etnosains zat aditif dalam bahan makanan untuk kelas VIII SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket kebutuhan guru, angket kebutuhan siswa dan angket respon siswa terhadap bahan ajar yang di kembangkan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil uji validasi ahli dalam pengembangan modul IPA berbasis etnosain zat aditif dalam makanan dengan nilai validasi ahli materi sebesar 80,67%, ahli pendidikan sebesar 80,33% dan guru IPA sebesar 79,67%. Rata-rata total hasil validasi oleh ahli sebesar 80,23% yang artinya dalam kategori sangat valid. Hasil uji validasi lapangan terhadap pengembangan modul IPA berbasis etnosains zat aditif dalam makanan dengan uji skala kecil dan skala pada peserta didik sebesar 84% yang artinya ada dalam kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry > 030599 Organic Chemistry not elsewhere classified
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050101 Ecological Impacts of Climate Change
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr. M. Darwis Andi Mukhtarom
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:17
Last Modified: 28 Jul 2022 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item View Item