Pemanfaatan tanaman obat keluarga, daun sirih, lidah buaya dan bungan telang sebagai bahan dasar pembuatan handsinitizer alami.

Wahab, abdillah (2022) Pemanfaatan tanaman obat keluarga, daun sirih, lidah buaya dan bungan telang sebagai bahan dasar pembuatan handsinitizer alami. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
Diskusi Periodik Dr. Abdillah Kirim.pdf

Download (827kB)

Abstract

Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman hayati diantaranya berupa ratusan jenis tumbuhan atau tanaman obat. Salah satu fungsi tanaman obat keluarga adalah sebgai sarana untuk mendekatkan tanaman obat kepada upaya-upaya kesehatan masyarakat antara lain meliputi upaya preventif, upaya promotif, dan upaya kuratif. Dalam hal ini, sangat perlu bagi kita untuk mencegah penyakit, khususnya virus corona (Covid-19) yang sudah berjalan lebih dari 2 tahun yang melanda seluruh dunia dan telah menginfeksi 3,78 juta orang di seluruh dunia. Virus ini diidentifikasi di Wuhan Cina pada Desember 2019( Rulia Meilina,2020). Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan. Salah satu cara untuk memproteksi diri agar terhindar dari virus adalah dengan menjaga kesehatan dan pola hidup bersih sehat (PHBS). Diantaranya solusi yang bisa masyarakat lakukan adalah dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga (TOGA) seperti kunyit, jahe, lengkuas, lidah buaya, bunga telang dan daun sirih (Isnansetyo A, 1995)

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060599 Microbiology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Abdillah AFW Wahab
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:46
Last Modified: 13 Jul 2022 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10011

Actions (login required)

View Item View Item