PENERAPAN ASAS PERADILAN SEDERHANA, CEPAT DAN BIAYA RINGAN DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PENGADILAN AGAMA JEMBER DAN PENGADILAN NEGERI JEMBER)

silvia, yulianti (2022) PENERAPAN ASAS PERADILAN SEDERHANA, CEPAT DAN BIAYA RINGAN DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PENGADILAN AGAMA JEMBER DAN PENGADILAN NEGERI JEMBER). Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (skripsi silvia yulianti NIM S20181027)
SILVIA YULIANTI _ S20181027.docx

Download (6MB)
[img] Text (skripsi silvia yulianti NIM S20181027)
SILVIA YULIANTI _ S20181027.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Silvia Yulianti, 2021 : Penerapan Asas Peradilan Cepat, Sederhana dan Biaya Ringan di Masa Pandemi Studi Kasus di Pengadilan Agama Jember dan Pengadilan Negeri Jember

Kata Kunci : Penerapan Asas Peradilan Cepat, Sederhana dan Biaya Ringan, di
Masa Pandemi, Pengadilan Agama Jember, Pengadilan Negeri
Jember

Asas Peradilan Sederhana, Cepat, dan Biaya Ringan merupakan salah satu asas yang sangat penting dalam implementasi hukum acara, termuat dalam UU Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman. Asas Peradilan Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan adalah sebuah asas yang wajib dilaksanankan pada lingkungan Peradilan Perdata baik di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri.
Berdasarkan pemikiran di atas, maka dalam skripsi ini mengangkat permasalan yaitu : 1) Bagaimana penerapan Asas Sederhana, Cepat, dan Biaya Ringan di masa pandemi di lingkungan Pengadilan Agama Jember dan Pengadilan Negeri Jember ?, 2) Bagaimana sistem beracara di Pengadilan Agama Jember dan Pengadilan Negeri Jember di masa pandemi?, 3) Terobosan apa saja yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Jember dan Pengadilan Negeri Jember saat Pengadilan di lockdown atau Work Form Home ? dan Sejauh mana keberhasilan terobosan tersebut dan apa saja kendala yang dihadapi ?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan Asas Sederhana, Cepat, dan Biaya Ringan di lingkungan Peradilan Indonesia, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan Asas Peradilan Sederhana, Cepat, dan Biaya Ringan di lingkungan Pengadilan Agama Jember dan Pengadilan Negeri Jember di masa Pandemi. 3) Untuk mendeskripsikan terobosan dan kebijakan yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Jember dan Pengadilan Negeri Jember untuk mewujudkan Asas Sederhana, Cepat, dan Biaya Ringan di masa pandemi, dan untuk mendeskripsikan sejauh mana keberhasilan terobosan dan kebijakan yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Jember dan Pengadilan Negeri Jember tersebut dan apa saja kendala yang dihadapinya.
Dalam penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dengan pendekatan kualitatif dan analisa data dengan menggunakan metode analisa data deskriptif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi.
Penelitian memperoleh kesimpulan bahwasanya : 1) Penerapan Asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan di Masa Pandemi pada lingkungan Pengadilan Agama Jember tetap terwujud, Terobosan dan kebijakan yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Jember berupa Kebijakan seluruh Pelayanan Hukum dan persidangan tetap dilaksanakan secara Offline / manual adalah sebuah keputusan dan kebijakan yang sangat tepat, 2) Terobosan dan kebijakan yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Jember berupa Kebijakan persidangan perdata menggunakan sistem Online berbasis Aplikasi yaitu E-Court dan persidangan pidana menggunakan sistem Online berbasis Video Confrence, sudah maksimal dan telah berhasil mewujudkan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180102 Access to Justice
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180121 Legal Practice, Lawyering and the Legal Profession
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180123 Litigation, Adjudication and Dispute Resolution
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: miss silvia via
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:36
Last Modified: 19 Jul 2022 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10030

Actions (login required)

View Item View Item