Kreativitas Peserta Didik Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Mts Nahdlatul Arifin Ambulu Jember

Makky, Akhmad (2022) Kreativitas Peserta Didik Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Mts Nahdlatul Arifin Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AKHMAD MAKKY_T20161197.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Akhmad Makky, 2022: “Kreativitas peserta didik dalam penerapan metode pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs. Nahdlatul Arifin Ambulu Jember”.
Pembelajaran adalah suatu sistem yang unsurnya saling berkaitan. Dalam pembelajaran ada guru dan peserta didik yang saling berinteraksi. Keberhasilan dari pembelajaran antara lain ditentukan oleh guru dalam memilih dan menggunakan metode yang tepat dan strategi pembelajaran yang digunakan untuk peserta didik. Keterpaduan antara guru dan peserta didik harus menjadi acuan utama, karena guru sebagai pendidik harus bisa mentransfer ilmu pengetahuan dan memberikan nilai-nilai positif kepada peserta didik, sedangkan peserta didik harus bisa menjadi individu yang aktif dalam belajar.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ? 2) Bagaimana kreativitas peserta didik dalam penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ?
Tujuan penelittian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). 2) Untuk mengetahui kreativitas peserta didik dalam implementasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala madrasah untuk memperoleh informasi tentang masdrasah yang berkaitan dengan metode pembelajaran contextual teaching an learning, Guru mata pelajaran untuk memperoleh data pelaksanaan perencanaan dan ketercapaian pembelajaran contextual teaching and learning, Peserta Didik untuk mengtahui kreativitas peserta didik dalam pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran akidah akhlak. Lokasi penelitian bertempat di Mts Nahdlatul Arifin Ambulu Jember. Peneliti menggunakan model interaktif dari Milles dan Huberman. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian yang diperoleh adalah : 1) Pelaksanaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Akidah Akhlak dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, Tahap pendahuluan, Tahap kegiatan inti, Tahap akhir atau penutup 2) Kreativitas peserta didik dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pendahuluan, pada tahap ini aspek yang terlihat adalah rasa ingin tahu. Tahap kedua, pada tahap kedua ada beberapa aspek kreativitas yang terlihat, yaitu aspek rasa ingin tahu, tekun dan tidak mudah bosan, percaya diri dan mandiri, tertantang oleh kemajemukan dan kompleksitas, dan berani mengambil resiko. Tahap ketiga adalah tahap penutup, Pada tahap penutup aspek kreativitas yang terlihat adalah aspek berpikir divergen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tn Makky Akhmad
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:08
Last Modified: 10 Aug 2022 01:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item