Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Nasabah Pembiayaan Multiguna PT Mega Finance Pada Masa Covid-19

Shodik, Ahmad Jakfar (2022) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Nasabah Pembiayaan Multiguna PT Mega Finance Pada Masa Covid-19. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD JAKFAR SHODIK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Jakfar Shodik, Dr. H. Roni Subhan S.Pd.,M.Pd 2022: Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Nasabah Pembiayaan Multiguna PT Mega Finance Jember Pada Masa Covid-19.

PT Mega Finance Jember merupakan suatu perusahaan yang bergerak disektor pembiayaan konsumen, PT Mega Finance hadir untuk melayani beragam pembiayaan seperti pembiayaan multiguna. Lembaga ini menyalurkan dananya kepada nasabah dalam bentuk kredit.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan PT Mega Finance Jember dalam meningkatkan nasabah pembiayaan multiguna pada masa Covid-19? 2) Apa saja kendala yang dihadapi PT Mega Finance Jember dalam meningkatkan nasabah pembiayaan multiguna pada masa Covid-19?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui dan memahami strategi pemasaran yang diterapkan PT Mega Finance Jember dalam meningkatkan nasabah pembiayaan multiguna pada masa Covid-19. 2) Mengetahui dan memahami kendala yang dihadapi PT Mega Finance Jember dalam meningkatkan nasabah pembiayaan multiguna pada masa Covid-19.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, kemudian teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian tersebut adalah: 1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Mega Finance Jember yaitu menggunakan strategi bauran pemasaran 7P yang meliputi Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), Bentuk Fisik (Physical Evidence) 2) Kendala yang dihadapi oleh PT Mega Finance dimasa Covid-19 Jember yaitu ada dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Kendala dari faktor internal yaitu kurang maksimalnya karyawan dalam melakukan pekerjaan. Sedangkan kendala dari faktor eksternal yaitu dikarenakan efek dari masa Covid-19 sendiri, yang menyebabkan menurunnya ekonomi masyarakat yang menjadikan minat nasabah untuk melakukan pembiayaan juga menurun, dan juga kendala yang dihadapi yaitu pada masa Covid-19 ini kegiatan pemasaran yang dibatasi.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Multiguna, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ahmad Jakfar Shodik
Date Deposited: 17 Jul 2022 08:47
Last Modified: 17 Jul 2022 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10045

Actions (login required)

View Item View Item