Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Ma Nahdlatul Arifin Ambulu Jember Tahun 2021/2022

NUR, VILIANTO (2022) Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Ma Nahdlatul Arifin Ambulu Jember Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR VILIANTO_T20151155.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Nur Vilianto, 2022: “Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Nahdlatul Arifin Ambulu Jember”.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqih

Pendidikan dan pembelajaran merupakan pondasi utama bagi keberlangsungan kehidupan umat manusia. Pendidikan menjadi tolak ukur kemajuan dan kemakmuran suatu negara. Secara nyata pendidikan adalah ujung tombak dari suatu negara dalam pemenuhan kebutuhan masyarakatnya, bahkan bisa di logikakan bahwa kemunduran dan kemajuan suatu negara berdasar pendidikannya. Permasalahan dalam pendidikan selalu berubah setiap tahun, bulan, bahkan harinya. Karena focus utama dari pencapaian pendidikan adalah mutu kepribadian yang memuaskan dari masyarakatnya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin. 2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran tidak langsung pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin. 3) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin. 4) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran empirik pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran langsung pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran tidak langsung pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin. 3) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin. 4) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran empirik pada mata pelajaran fiqih di MA Nahdlatul Arifin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulannya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data selama dilapangan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tekhnik.
Hasil Penelitian yang diperoleh adalah: 1) strategi pembelajaran langsung sudah diterapkan dengan metode yang digunakan bentuk expositori dan ceramah. Aspek kognitif yang meningkat yang terlihat dari umpan balik yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran, 2) strategi pembelajaran tidak langsung berhasil menarik motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Perkembangan ditandai dari mental siswa dalam proses pembelajaran, dan pemahaman siswa terhadap materi presentasi. 3) strategi pembelajaran interaktif diterapkan dengan metode diskusi dan tanya jawab terbukti mampu menarik keaktifan dan rasa ingin tau siswa dalam proses pembelajaran, 4) strategi pembelajaran empirik diterapkan berdasar pengalaman secara nyata yang telah dilakukan siswa didalam maupun diluar lingkungan sekolah dalam hal kegiatan karyawisata yang sesuai dengan materi fiqih yang pernah diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Nur Vilianto Willy
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:51
Last Modified: 13 Jul 2022 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item