MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM ASRAMA MAHASISWA (Studi Kasus di Asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang)

Arahmat, Yuli (2022) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM ASRAMA MAHASISWA (Studi Kasus di Asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang). Masters thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Yuli Arahmat _0849119040.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
YULI ARAHMAT. 2022. Manajemen Pengembangan Kurikulum Asrama Mahasiswa (Studi Kasus Di Asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang).

Kata Kunci : Manajemen Pengembangan Kurikulum, Asrama Bright Scholarship.

Universitas Negeri Malang saat ini mengembangkan sebuah program beasiswa ber-asrama untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik. Program ini bernama beasiswa Bright Scholarship yang bekerjasama dengan lembaga amil zakat nasional yaitu Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI). Pembinaan di asrama dilaksanakan selama 2 tahun dengan menekankan pada 4 aspek dasar yaitu akademik, spiritual, kepemimpinan dan sosial.
Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana konsep perencanaan pengembangan kurikulum di asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang? 2) Bagaimana pola pelaksanaan pengembangan kurikulum di asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang? 3) Bagaimana evaluasi pengembangan kurikulum di asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang?
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan konsep perencanaan pengembangan kurikulum di asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang. 2) Mendeskripsikan pola pelaksanaan pengembangan kurikulum di asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang 3) Mendeskripsikan evaluasi pengembangan kurikulum di asrama Bright Scholarship Universitas Negeri Malang.
Teori yang di gunakan dalam penelitian ini dari Robert S Zaiz tentang Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum. Ornstein A.C dan Hunkins, tentang Manajemen Pengembangan Kurikulum dan Proses Penerapannya di Perguruan Tinggi, Fokus penelitian tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pengembangan kurikulum yang ada di asrama mahasiswa Bright Scholarship UM.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif dengan menggunakan rancangan model studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Perencanaan manajemen kurikulum di asrama mahasiswa Bright Scholarship Universitas Negeri Malang adalah a. Merumuskan tujuan kurikulum brdasarkan visi dan misi b. Merencanakan konten/Isi kurikulum c. Merancang isi kegiatan pembinaan. 2) Pelaksanaan kurikulum di asrama mahasiswa Bright Scholarship adalah a. Pelaksanaan pembinaan harian dan mingguan b. Pelaksanaan pembinaan bulanan dan semester melalui pelatihan dan workshop serta kegiatan pengembangan lain. 3) Evaluasi kurikulum di asrama mahasiswa Bright Scholarship Universitas Negeri Malang dilakukan melalui Evaluasi Formatif dan Evaluasi Sumatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Mr Yuli Arahmat
Date Deposited: 17 Jul 2022 09:19
Last Modified: 17 Jul 2022 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10056

Actions (login required)

View Item View Item