Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Fikih Berbasis Mubādalah di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi

Lailatun Ni'mah,, M.Pd. (2022) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Fikih Berbasis Mubādalah di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
tesis Full Lailatun Ni'mah watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lailatun Ni’mah, 2022. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Fikih Berbasis Mubādalah di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mundir, M.Pd. Pembimbing II: Dr. H. Syamsul Anam, S.Ag, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Bahan Ajar Fikih, Mubādalah.

Bahan ajar erat kaitannya dengan pembelajaran di dalam kelas, yang mana dalam bahan ajar itu membutuhkan inovasi sesuai dengan kebutuhan. Hal ini juga terjadi pada Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi, salah satunya yakni pengembangan bahan ajar fikih berbasis mubādalah. Maksud mubādalah adalah bahan ajar yang berbasis nilai-nilai keadilan, kerjasama, kesalingan, dan timbal balik antara dua pihak atau lebih, baik antara relasi laki-laki dan perempuan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan bahan ajar mata pelajaran fikih berbasis mubādalah bagi peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi? 2) Bagaimana kelayakan bahan ajar mata pelajaran fikih berbasis mubādalah bagi peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi? 3) Bagaimana efektivitas bahan ajar mata pelajaran fikih berbasis mubādalah bagi peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi?. Adapun tujuan dari pengembangan bahan ajar ini adalah 1) Menghasilkan bahan ajar fikih berbasis mubādalah di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan dan menguji kelayakan bahan ajar fikih berbasis mubādalah di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi 3) Menguji efektivitas bahan ajar fikih berbasis mubādalah di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Devolopment, yang mengacu pada model Borg and Gall yang terbagi dalam 10 langkah yaitu : (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk hasil, dan (10) diseminasi dan implementasi, namun pada tahap ini peneliti belum bisa melaksanakan dikarenakan keterbatasan waku dan biaya.
Hasil penilaian pengembagan dapat disimpulkan bahwa 1) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran fikih kelas XI semester genap pada materi pernikahan, perceraian dan waris, ukuran buku tinggi 23 cm dan lebar 17 cm yang disusun menggunakan Microsoft Word 2010, 2) Berdasakan hasil kelayakan yang maka bahan ajar berbasis mubādalah, layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan nilai dari angket para ahli dan respon siswa 3) Hasil efektivitas sudah memenuhi syarat dan ketentuan yaitu berdasarkan uji thitung > ttabel (9,412 > 2,045), apabila uji thitung > ttabel maka, hasilnya singnifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Bahan Ajar Fikih, Mubādalah.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190104 Visual Cultures
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laila Tsuroyya Ni'mah
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:49
Last Modified: 22 Jul 2022 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item