Dinamika Perubahan Konstitusi Pasca Reformasi

Murtadho, Achmad Mufid (2022) Dinamika Perubahan Konstitusi Pasca Reformasi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Mufid Murtadho.pdf

Download (2MB)

Abstract

Achmad Mufid Murtadho, 2022 : “Dinamika Perubahan Konstitusi Pasca Reformasi”.
Kata Kunci : Konstitusi, dan Reformasi.
Indonesia adalah sebuah negara yang menjujung tinggi hak asasi manusia, sehingga dalam kedaulatan legitimasinya konstitusi terpaku kepada titik kesejahteraan rakyat. Dalam penerapan konstitusi maka dibutuhkan adanya konstitusionalisme sebagai dukungan dari kekuasaan sang penguasa agar jaminan kedaulatan hak asasi manusia dapat terealisasikan dengan baik dan tidak disalah gunakan oleh aparat negara, hal tersebut menjadi menarik.
Elemen-elemen konstitusionalisme harus sesuai dengan tujuan semua, kesepakatan mengenai “the rule of law” serta ke sepakatan dari institusi. Maka dengan begitu tujuan konstitusi bersama dapat dilihat dari teks Pancasila dan bentuk kesepakatan institusi terkandung dalam UUD 1945.
Sejak Indonesia berdiri dan merdeka, sampai saat ini Indonesia sudah mengalami pergantian presiden sebanyak 7 kali, namun dalam setiap pergantian kepemimpinan selalu ada perubahan, sehingga terjadi pergeseran dalam konstitusionalismenya, yang paling menarik perhatian dalam konteks konstitulisme diera Reformasi, saat kepemimpinan era modernism yakni B.j. Habibie, KH Abdur Rahman Wahid dan juga Megawati Soekarno putri.
Fokus masalah yang diteliti ialah: 1) Bagaimana Dinamika Perubahan Konstitusi Pasca Reformasi? 2) Apa Implikasi dari Dinamika Peruubahan Konstitusi Pasca Reformasi?
Tujuan penelitian ialah 1) Untuk Mengetahui Dinamika Perubahan Konstitusi Pasca Reformasi 2) Untuk Implikasi dari Dinamika Peruubahan Konstitusi Pasca Reformasi.
Jenis penelitian yang dipakai ialah library research (kepustakaan) yang penelitiannya terpusat dalam perpustakaan guna mendapatkan data dengan tidak melaksanakan penelitian lapang. Sehingga sumber data didapatkan memakai literatur-literatur ataupun peraturan-peraturan serta norma-norma yang berkaitan akan permasalahan yang hendak diteliti yekni berupa buku-buku yang menelaah tentang Konstitusionalisme Indonesia, Tata Negara Indoensia.
Hasil penelitian ialah 1) Bahwa Dinamika Perubahan Konstitusi Pasca Reformasi adalah seiring perkembangan hukum yang semakin dinamis yang harus disesuaikan dengan latar belakang negara kita, ditambah seringnya pergantian pucuk pimpinan tertinggi yaitu presiden yang menyebabkan hal tersebut berdampak pada kebijakan-kebijakan yang diambil. 3) Bahwa Implikasi dari Dinamika Perubahan Konstitusi Pasca Reformasi adalah terletak pada visi-misi masing-masing presiden yang berbeda-beda sehingga menyebabkan implikasi konstitualisme di Indonesia sering mengalami perubahan, dan juga perkembangan hukum yang semakin hari semakin pelik untuk dipecahkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Achmad Mufid Murtadho
Date Deposited: 13 Jul 2022 09:19
Last Modified: 13 Jul 2022 09:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item View Item