Analisis Kesesuaian Penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi dengan SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM Uzzam Studio)

Alviansyah, Widy (2022) Analisis Kesesuaian Penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi dengan SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM Uzzam Studio). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WIDY ALVIANSYAH_E20173078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Widy Alviansyah, Muhammad Saiful Anam, M.Ag 2022 : Analisis Kesesuaian Penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi dengan SAK EMKM (Studi Kasus Pada UMKM Uzzam Studio)

Penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standard dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya apakah perusahaan mendapatkan profit ataupun mengalami kerugian. Selain itu agar usaha dapat berkembang dapat dilakukan dengan menarik investor atau meningkatkan dana dengan melakukan pinjaman ke perbankan. Namun terkait hal tersebut sesuai aturan diperlukan syarat-syarat peminjaman, diantaranya permintaan laporan keuangan yang sesuai dengan standard salah satunya sesuai SAK EMKM. Informasi ini sangat dibutuhkan oleh investor ataupun lembaga keuangan untuk menganalisis dan mengambil keputusan.
Oleh karena itu diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai : 1) Bagaimana laporan keuangan yang disusun oleh UMKM Uzzam Studio ? 2) Bagaimana kesesuaian penyusunan laporan keuangan yang disusun oleh UMKM Uzzam Studio dengan SAK EMKM ? 3) Apa saja kendala yang dihadapi terkait penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM ?
Peneltian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui laporan keuangan seperti apa yang telah disusun oleh UMKM Uzzam Studio. 2) Untuk mengetahui bagaimana kesesuaian penyusunan laporan keuangan yang di susun oleh UMKM Uzzam Studio dengan SAK EMKM. 3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi terkait penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Objek yang menjadi penelitian ini adalah UMKM Uzzam Studio di Kecamatan Kabat. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian mengenai kesesuaian penyusunan laporan keuangan UMKM Uzzam Studio yang terletak di Kec. Kabat yaitu terkait laporan keuangan, Uzzam Studio telah menyusun dua laporan keuangan yaitu laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi. Di dalam SAK EMKM penyusunan laporan keuangan agar sesuai dengan SAK EMKM harus sesuai dengan ketentuan mengenai pengakuan, pengukuran serta penyajian serta wajib menyajikan tiga laporan keuangan meliputi laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, dan catatan atas laporan keuangan. Penyusunan laporan keuangan yang dilakukan oleh Uzzam Studio belum sepenuhnya sesuai dengan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (SAK EMKM). Keterbatasan pengetahuan dan pemahaman mengenai SAK EMKM menjadi kendala bagi perusahaan dalam menyusun laporan keuangan. Hal tersebut disebabkan karena Uzzam Studio belum mengetahui sepenuhnya terkait Standar Akuntansi untuk UMKM yang berlaku saat ini.

Kata kunci : Laporan Keuangan, UMKM, SAK EMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Widy Alviansyah
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:50
Last Modified: 14 Jul 2022 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item