Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Holilah, T20171328 (2022) Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Holilah_T20171328.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Holilah, 2022: Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter siswa adalah
sebuah ikhtiar yang dilakukan oleh seorang guru untuk membentuk sifat
kepedulian siswa yang semakin hari semakin terkikis karena perkembangan
Zaman. Sehingga upaya guru Aqidah akhlak sangat diperlukan untuk
menanamkan kembali pendidikan karakter dan kepedulian sosial oleh guru aqidah Akhlak.
Fokus Kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Upaya
Guru Aqidah Akhlak dalam membentuk Karakter Peduli siswa di MTs Negeri 1
Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022? (2) Apa Saja Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Simpati siswa di MTs Negeri 1 BanyuwangiTahun Ajaran 2021/2022? (3) Bagaimana Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membentuk Karakter Empati siswa di MTs Negeri 1 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022? Tujuan Pada Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimana Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membentuk Karakter Peduli siswa di MTs Negeri 1 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022(2)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Apa Saja Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Simpati siswa di MTs Negeri 1 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022 (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimana Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam membentuk Karakter Empati siswa di MTs Negeri 1 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis Penelitian
Study Kasus, sedangkan metode pengumpulan data; Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data ini menggunakan Deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles huberman melalui langkah- langkah: Reduksi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi Sumber dan teknik.
Hasil Penelitian ini memperoleh kesimpulan Upaya Guru Aqidah Akhlak
dalam membentuk Karakter Peduli, simpati dan Empati siswa di MTs Negeri 1
Banyuwangi yaitu Mengadakan program sedekah setiap hari jum’at, mengadakan program memungut sampah setiap pulang sekolah, selalu memberi bantuan kepada teman yang membutuhkan, selalu memberikan semangat terhadap siswa, memberikan pantauan dan juga motivasi terkait kepedulian sosial, menyisikan uang untuk bersedekah dan tidak membeda- bedakan dengan teman yang mempunyai keterbatasan fisik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Holilah Lila
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:06
Last Modified: 13 Jul 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10074

Actions (login required)

View Item View Item