Peran Pondok pesantren At-Tanwir dalam Meminimalisisasi Pernikahan Dini di Dusun SumberGadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember

Rofik, Ainur (0010) Peran Pondok pesantren At-Tanwir dalam Meminimalisisasi Pernikahan Dini di Dusun SumberGadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Zainur Rofik_D20162017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan (status) seseorang. Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka hal ini berarti ia menjalankan suatu peranan. Seperti halnya Pondok pesantren At-tanwir dalam menjalankan perannya dalam masyarakat Dusun Sumber gadung. Peran yang dimainkan Pondok pesantren bertujuan untuk Memberdayakan masyarakat Dusun Sumber gadung. Sehingga fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja peran Pondok pesantren At-Tanwir dalam meminimalisasi pernikahan dini di Dusun Sumber gadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. 2) Bagaimana bentuk kegiatan yang dilakukan Pondok Pesantren At-tanwir dalam meminimalisasi pernikahan dini di dusun Sumber gadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. 3) Apa saja faktor penghambat Pondok pesantren At-tanwir dalam meminimalisasi pernikahan dini di dusun Sumber Gadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui apa saja peran Pondok pesantren At-tanwir dalam meminimalisasi pernikahan dini di Dusun Sumber Gadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui bentuk kegiatan yang dilakukan Pondok Pesantren At-tanwir dalam meminimalisasi pernikahan dini di Dusun Sumber Gadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat Pondok pesantren At-tanwir dalam meminimalisasi pernikahan dini di Dusun Sumber gadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember.
Mengidentifikasi permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Peran pondok pesantren At-tanwir dalam Meminimalisasi perrnikahan dini di Dusun Sumber gadung, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember yaitu dengan memberikan penyuluhan kepada wali santri selama 6 bulan sekali pada saat rapat wali santri, mengaktifkan kegiatan ektrakulikuler dan pembelajaran kewirausahaan sebagai bekal santri lulus nantinya serta membantu santri menjadi lebih produktif. Untuk penghambat ponpes dalam meminimalisasi pernikahan dini ialah pemikiran orang tua Dusun Sumber gadung masih relatif belum terbuka akan dampak yang diberikan dari nikah dini. Ekonomi yang rendah menyebabkan sebagian masyarakat tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan bagi anaknya yang pada akhirnya mereka akan dinikahkan.
Kata Kunci : Peran, pernikahan dini, dan pondok pesantren at-tanwir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160899 Sociology not elsewhere classified
Depositing User: Zainur Rofik
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:27
Last Modified: 14 Jul 2022 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item