INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JENGGAWAH

Huzaini, Achmad (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ACHMAD HUZAINI T20171219.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Achmad Huzaini, 2022. Internalisasi Nilai-nilai Karakter Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jenggawah.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Karakter Siswa, Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merosotnya sikap, etika dan moral siswa. Peran lembaga sekolah SMP Negeri 1 Jenggawah yang tidak hanya menciptakan insan berprestasi, tetapi juga berjiwa Islami. Penanaman nilai karakter yang diterapkan di SMP Negeri 1 Jenggawah melalui pembiasaan kegiatan-kegiatan untuk menanamkan nilai karakter religius, disiplin, dan kerja keras bagi siswa. Sehingga dengan hal tersebut, menjadikan siswa mudah dalam proses pembelajaran. Internalisasi karakter merupakan sekumpulan tindakan yang mewujudkan dalam perilaku, tradisi, kebiasaan sehari-hari yang dipraktekkan dalam konteks di dalam sekolah.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi nilai karakter religius dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah? 2) Bagaimana internalisasi nilai karakter disiplin dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah? 3) Bagaimana internalisasi nilai karakter kerja keras dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Jenggawah?.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini dipilih dengan cara Purposive. Ternik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah kondensasi data, pengerucutan, dan penyederhanaan Uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Internalisasi nilai karakter religius dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui sholat duhur berjamaah dan membaca Al-Quran juz 30 sebelum pembelajaran dimulai. 2) Internalisasi nilai karakter disiplin dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui sholat duhur berjamaah, membaca Al-Quran juz 30 sebelum pembelajaran dimulai, dan kegiatan 5S. 3) Internalisasi nilai karakter religius dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan berdzikir dan hafalan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Huzaini
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:38
Last Modified: 18 Jul 2022 09:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item