Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberbaru Jember

Ridwan, Safaruddin (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberbaru Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAFARUDDIN RIDWAN _0849318046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Safaruddin Ridwan, 2022. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan di SMPN 1 Sumberbaru Jember. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I; Dr. H. Aminullah, M.Ag.., Pembimbing II; Dr. H. Mustajab, M.Pd.I
Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Karakter Peduli Lingkungan,
Karakter peduli terhadap lingkungan tidak serta merta datang begitu saja. Namun ada upaya dari warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan. Hal ini dapat diperoleh melalui pendidikan di sekolah. Lebih khusus lagi dapat ditanamkan sikap peduli lingkungan terhadap siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dikautkan dengan Pendidikan Lingkungan Hidup yang diampu oleh guru. Melalui cara ini siswa diharapkan mampu peduli terhadap lingkungan di masa depan.
Fokus penelitian yang kaji yaitu; 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dalam membangun karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Sumberbaru? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membangun karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Sumberbaru?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dalam membangun karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Sumberbaru?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif pasif, wawancara terbuka mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman, pengumpulan data, data kondensasi, penyajian data dan kesimpulan. Adapun untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Perencanaan pembelajaran PAI dalam membangun karakter peduli lingkungan SMPN 1 Sumberbaru adalah dimulai dengan silabus yang dikemudian dikembangkan menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di dalamnya disisipkan nilai-nilai lingkungan hidup. Selain itu, sekolah membuat kebijakan sekolah meliputi perubahan visi, misi dan tujuan sekolah, peraturan-peraturan peduli lingkungan, kegiatan-kegiatan peduli lingkungan, sarana dan prasarana ramah lingkungan. Selain itu yang tidak kalah penting adalah penerapan kurilulum terpadu di SMPN 1 Sumberbaru. 2). Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membangun karakter peduli lingkungan di SMPN 1 Sumberbaru meliputi pertama, pembelajaran yang dilakukan terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup. Kedua, dalam kegiatan pembelajaran mengangkat isu lokal. Ketiga, memberikan tugas kepada siswa di kelas maupun di luar kelas untuk mendaur ulang sampah dan adanya aturan yang mendukung untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. 3). Evaluasi pembelajaran PAI dalam membangun karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 1 Sumberbaru adalah dengan menekankan pada evaluasi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safaruddin Ridwan Safaruddin Ridwan
Date Deposited: 17 Jul 2022 09:47
Last Modified: 17 Jul 2022 09:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item