Pengaruh Discount Cashback dan Promotion Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Shopee Perspektif Islam: Studi Kasus Mahasiswa/i di Kabupaten Banyuwangi

FATHONI, JOHARUL (2022) Pengaruh Discount Cashback dan Promotion Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Shopee Perspektif Islam: Studi Kasus Mahasiswa/i di Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, UIN KHAS Achmad Siddiq jember.

[img] Text
JOHARUL FATHONI_203206060015.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Fathoni, Joharul, 2022. Pengaruh Discount Cashback dan Promotion Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Shopee Perspektif Islam: Studi Kasus Mahasiswa/i di Kabupaten Banyuwangi. Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH Ahmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Abdul Rokhim, S.Ag., M.E.I. Pembimbing II: Dr. Hersa Farida Qoriani, S.Kom., M.E.I.

Kata kunci: Discount, Cashback, Promotion, Hedonic Shopping Motivation, Impulse Buying

Seiring zaman globalisasi yang terjadi di seluruh dunia sekarang ini membuat berbagai perkembangan di segala aspek, salah satunya perkembangan teknologi komunikasi dan tentunya Indonesia pun mengalami hal yang serupa. Hal ini memudahkan masyarakat untuk melakukan pencarian informasi melalui internet. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia. E-commerce shopee menawarkan berbagai macam produk.
Rumusan masalah penelitian ini sesuai dengan fenomena yang terjadi pada latar belakang terkait perkembangan teknologi komunikasi yaitu pengaruh discount (X1), cashback (X2) dan promotion (X3) terhadap hedonic shopping motivation (Z1) dan impulse buying (Y1).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara parsial variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan yaitu pengaruh discount (X1), cashback (X2) dan promotion (X3) terhadap hedonic shopping motivation (Z1) dan impulse buying (Y1).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan non probability sampling yang berbentuk accidental sampling sebanyak 168 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji normalitas data, dengan menggunakan metode analsis path analysis (Analisis Jalur) dan uji triming. Pengujian hipotesis dengan bantuan Software Statistical Package For Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil analisis menunjukkan variabel discount (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap hedonic shopping motivation (Z1), dengan nila beta sebesar 0,118. Variabel cashback (X2) berpengaruh signifikan terhadap hedonic shopping motivation (Z1), dengan nilai beta sebesar 0,259. Variabel promotion (X3) berpengaruh signifikan terhadap hedonic shopping motivation (Z1), dengan nilai beta sebesar 0,630. Variabel discount (X1) berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (Y1), dengan nilai beta sebesar 0,198. Variabel cashback (X2) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap impulse buying (Y1), dengan nilai beta sebesar -0,013 bernilai negatif. Variabel promotion (X3) berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (Y1), dengan nilai beta sebesar 0,276. Variabel hedonic shopping motivation (Z1) berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (Y1), dengan nilai beta sebesar 0,423.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Joharul Fathoni
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:32
Last Modified: 15 Jul 2022 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item