Pembinaan Nilai-nilai Akidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah Melalui Pembelajaran Kitab Mafahim Yajibu An-Tushohhah di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember

Resni, Indarti (2022) Pembinaan Nilai-nilai Akidah Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah Melalui Pembelajaran Kitab Mafahim Yajibu An-Tushohhah di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RESNI INDARTI_T20181430.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembinaan Akidah Aswaja, Pembelajaran Kitab Mafahim, Pondok
Pesantren
Selain masalah liberalisme yang telah merambah di dunia Islam, dunia
akhir-akhir ini semakin diresahkan dengan pemahaman ekstrim, yaitu dengan
ditandai dengan serampangan dalam memvonis sesama muslim bid’ah dan kafir.
Maka dari itu perlu adanya usaha untuk menanggulanginya, salah satunya dengan
melakukan pembinaan akidah. Berbagai upaya ditempuh untuk menyebarkan dan
memberikan pemahaman tentang akidah Islam yang berlandaskan pada paham assunnah terhadap seluruh umat Islam, salah satunya yaitu melalui pembelajaran
kitab klasik yang diadakan di pondok pesantren. Adapun kitab akidah yang dinilai
urgen untuk dipelajari oleh umat Islam adalah kitab Mafahim Yajibu An
Tushohhah yang ditulis oleh Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1.) Bagaimana
pembelajaran kitab Mafahim Yajibu An-Tushohhah di Pondok Pesantren Nurul
Hidayah Mangli Jember? 2.) Bagaimana pembinaan nilai-nilai akidah Ahlus
Sunnah Wal-Jama’ah melalui pembelajaran kitab Mafahim Yajibu An-Tushohhah
di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif jenis field reasearch. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif
yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data, peneliti
menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1.) Metode yang digunakan dalam
pembelajaran kitab Mafahim di Pondok Pesantren Nurul Hidayah yaitu
menggunakan metode Bandongan dengan teknik pembelajaran teladan,
perumpamaan, dan pembiasaan. Adapun hambatan yang terjadi dalam proses
pembelajaran yaitu hambatan yang berasal dari faktor internal ( dan faktor
eksternal. 2.) Nilai-nilai akidah Aswaja yang terdapat dalam pembelajaran kitab
Mafahim di Pondok Pesantren Nurul Hidayah yaitu: tasamuh (toleransi), tawazun
(berimbang/harmoni), ta’adul (adil/netral), amar ma’ruf nahi munkar, Aswaja
bukan golongan yang takhfir dan tadhlil, dan ahli dzikir dan doa yang kemudian
di internalisasi dalam kehidupan sehari-hari santriwati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Resni Indarti
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:25
Last Modified: 10 Aug 2022 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item