IMPLEMENTASI HAK POLITIK DALAM UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 di KPU Kabupaten Bondowoso)

Dari, Susi Wulan (2022) IMPLEMENTASI HAK POLITIK DALAM UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 2016 TENTANG PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 di KPU Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
SUSI WULAN DARI_S20173089 Watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Susi Wulan Dari, 2022 : “Implementasi Hak Politik Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 di KPU Kabupaten Bondowoso)”.
Hak politik penyandang cacat atau disabilitas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 Undang-Undang No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas harus dilindungi, dihormati, dan dipenuhi untuk menghapus diskriminasi politik berdasarkan hak politiknya, yang saat ini menjadi masalah yang belum terpecahkan, untuk itu dalam skripsi ini akan dijelaskan tentang bagaimana pengimplementasian dari Penyandang Disabilitas dalam mendapatkan hak politiknya secara penuh.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Hak Politik dalam UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso? 2) Apa Saja Faktor-Faktor yang Menghambat Pelaksanaan Hak Politik dalam UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana Upaya Pemenuhan Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso?
Karya ini mempunyai tujuan, yakni: 1) Mengetahui Pelaksanaan Hak Politik dalam UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso 2) Mengetahui Apa Saja Faktor-Faktor yang Menghambat Pelaksanaan Hak Politik dalam UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso 3) Mengetahui Upaya Pemenuhan Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris yaitu menjabarkan mengenai penelitian hukum yang mempunyai fungsi dalam mengetahui hukum sebagai arti yang nyata serta meneliti mengenai cara kerjanya hukum dalam lingkungan masyarakat. Sehingga memberi kemudahan penulis untuk memperoleh data yang objektif dalam rangka melihat Implementasi Hak Politik Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 di KPU Kabupaten Bondowoso).
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan Hak Politik Dalam UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas sudah sesuai dengan yang ditentukan namun masih mengalami kendala dalam proses pelaksanaannya. 2) Faktor-faktor yang Menghambat Pelaksanaan Hak Politik Dalam UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso adalah kurangnya data yang konkrit antara dinas sosial dan KPU Kabupaten Bondowoso. 3) Upaya Pemenuhan Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden di Kabupaten Bondowoso adalah memastikan hak pilih dan juga menyediakan akses yang dibutuhkan disabilitas.
Kata kunci: Hak Politik, Penyandang Disabilitas, KPU, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Depositing User: Susi Wulan Dari
Date Deposited: 17 Jul 2022 09:32
Last Modified: 17 Jul 2022 09:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item