IMPLEMENTASI PROGRAM TAKHASSUS TAHFIDZ AL-QUR’AN DAN KITAB KUNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA QUEEN IBNU SINA GENTENG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nur Laili, Siti (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM TAKHASSUS TAHFIDZ AL-QUR’AN DAN KITAB KUNING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA QUEEN IBNU SINA GENTENG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NUR LAILI_T20181260.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Nur Laili, 2022: Implementasi Program Takhassus Tahfidz Al-Qur’an Al-Qur’an dan Kitab Kuning Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Queen Ibnu Sina Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata kunci: program takhassus, pembentukan karakter

Program takhassus merupakan program khusus yang dibuat oleh suatu lembaga pendidikan sebagai branding dari lembaga tersebut yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat ini yang haus akan pengetahuan, ilmu agama serta akhlak yang mulia. Hal ini tentunya merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan dalam mewujudkan terciptanya lulusan yang unggul dan berkarakter.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi program takhassus bidang tahfidz Al-Qur’an dan kitab kuning di SMP Queen Ibnu Sina Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 2) Bagaimana implikasi program takhassus bidang tahfidz Al-Qur’an dan kitab kuning dalam membentuk karakter disiplin dan peduli sosial peserta didik di SMP Queen Ibnu Sina Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi program takhassus bidang tahfidz Al-Qur’an dan kitab kuning di SMP Queen Ibnu Sina Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 2)Untuk mendeskripsikan implikasi program takhassus bidang tahfidz Al-Qur’an dan kitab kuning dalam membentuk karakter disiplin dan peduli sosial peserta didik di SMP Queen Ibnu Sina Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kebasahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) implementasi Program takhassus tahfidz Al-Qur’an meliputi perencanaan:Menetapkan tujuan program, Menentukan indikator keberhasilan, menentukan penanggung jawab, dan menyusun kegiatan dan jadwal kegiatan. Tahapan pelaksanaan: pelaksanaan telah berjalan baik dari proses hafalan, metode yang digunakan, fasilitas yang ada. Tahapan terakhir evaluasi. Sedangkan Implementasi program takhassus kitab kuning meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kendalanya yaitu: tingkat pemahaman peserta didik yang beragam dan hafalan.2) implikasinya a)disiplin: peserta didik berangkat tepat waktu, disiplin dalam menyetorkan hafalan, dan disiplin antara waktu hafalan dengan kegiatan sekolah lainnya. b) peduli sosial diantaranya: membantu teman yang sedang membutuhkan, menyimakkan hafalan temannya, membantu teman yang mengalami kesulitan belajar, meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa atau tidak punya, dan sopan santun kepada siapapun baik kepada guru, petugas sekolah maupun temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Siti Nur Laili
Date Deposited: 17 Jul 2022 09:45
Last Modified: 17 Jul 2022 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10098

Actions (login required)

View Item View Item