Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Mahfilud Dhuror Tahun Pelajaran 2021/2022

Sa'diyeh, Siti Romlatus (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Mahfilud Dhuror Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Romlatus Sa'diyeh_T20187116.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK

Siti Romlatus Sa’diyeh, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Mahfilud Dhuror Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash, Bangun Ruang Sisi Datar.

Media pembelajaran interaktif adalah sebuah alat bantu berbentuk media yang menyajikan teks, gambar bergerak, animasi, video, audio dan video game sehingga dalam proses pembelajaran terjadi komunikasi dua arah dan bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran. Terdapat banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran, diantaranya macromedia flash. Macromedia flash merupakan aplikasi yang handal untuk digunakan dalam pembelajaran yang dapat dibuka menggunakan komputer dan handphone. Akan tetapi jarang guru yang menggunakan aplikasi tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kevalidan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Mahfilud Dhuror. 2) Untuk mengetahui kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Mahfilud Dhuror. 3) Untuk mengetahui keefektifan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Mahfilud Dhuror.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model tahapan Borg and Gall. Tahapan dalam Borg and Gall yang awalnya ada 10 tahapan menjadi 7 tahapan, hal ini dikarenakan terbatasnya waktu dan terbatasnya biaya.
Hasil dari penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Mahfilud Dhuror, yaitu 1) Hasil kevalidan dilakukan oleh 2 validator yaitu ahli desain dan ahli materi. Hasil yang diperoleh dari ahli desain dengan rata-rata 90% keseluruhan dengan kriteria sangat valid. 2) Hasil kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dengan persentase 71,4%, dan angket respon peserta didik uji coba besar dengan persentase 88,7% keseluruhan dengan kriteria praktis. 3) Hasil keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik kelompok besar dengan persentase 74,19% keseluruhan dengan kriteria efektif. Hasil kelayakan dapat dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan maka media pembelajaran dapat gunakan. Dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan maka media pembelajaran yang dibuat dapat dikatakan layak digunakan namun dengan perbaikan kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs SITI ROMLATUS SA`DIYEH
Date Deposited: 18 Jul 2022 00:09
Last Modified: 18 Jul 2022 00:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item