Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Akademik dan Non Akademik di MTs Negeri 6 Pasuruan

Jannah, Miftah (2022) Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Akademik dan Non Akademik di MTs Negeri 6 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTACHUL JANNAH SKRIPSI WATERMAK DIGILIB FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miftachul Jannah, 2022: “Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Akademik dan Non Akademik di MTs Negeri
6 Pasuruan”

Kata Kunci: Kepala Madrasah dan prestasi belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya prestasi yang diraih oleh siswa MTs Negeri 6 Pasuruan baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik. Meskipun madrasah ini berada di pinggiran, tetapi prestasi yang diraih MTs Negeri 6 pasuruan ini terus berkembang baik ditingkat kabupaten, provinsi dan nasional, dari banyaknya prestasi yang diperoleh siswa di MTs Negeri 6 Pasuruan tentu tidak lepas dari kiat-kiat yang dilakukan kepala madrasah sebagai pimpinan lembaga dan sarana yang dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa serta menyediakan program-program yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang dapat menjadikan madrasah lebih berkualitas.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang akademik dan non akademik di MTs Negeri 6 Pasuruan? 2) Bagaimana pelaksanaan kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang akademik dan non akademik di MTs Negeri 6 Pasuruan? 3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang akademik dan non akademik di MTs Negeri 6 Pasuruan?.
Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang akademik dan non akademik di MTs Negeri 6 Pasuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kemudian, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana, untuk keabsahan datanya menggunakan keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) perencanaan yang dilakukan kepala madrasah yaitu dengan menggunakan analisis SWOT dengan penentuan program yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat, lalu membuat program yang terkemas dalam RKAM. 2) pelaksanaan yang dilakukan kepala madrasah yaitu kepala madrasah memberikan arahan serta bimbingan kepada pendidik dan peserta didik, memberikan sarana dan prasarana yang memadai, menyesuaikan dengan anggaran madrasah, memberikan dorongan dan motivasi kepada pendidik untuk lebih produktif serta kepada peserta didik untuk lebih berpotensi. 3) evaluasi yang dilakukan kepala madrasah yaitu dilakukan evaluasi secara langsung dan tidak langsung yaitu dengan mengecek langsung saat pembelajaran, sedangkan untuk evaluasi tidak langsungnya yaitu mengadakan rapat-rapat untuk mengetahui seberapa tercapainya rencana yang ditetapkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Miftachul Jannah
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:15
Last Modified: 19 Jul 2022 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10108

Actions (login required)

View Item View Item