PERAN PENGURUS PUTRI DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING PERIODE 2021-2022

Wahyuni, Nur (2022) PERAN PENGURUS PUTRI DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING PERIODE 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR WAHYUNI_T20181285.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Wahyuni. 2022: Peran Pengurus Putri dalam Membina Akhlak Santri Putri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Periode 2021-2022”
Kata Kunci: Membina Akhlak, Pondok Pesantren.
Membina Akhlak tidak cukup hanya dipelajari, tanpa ada upaya untuk membentuk pribadi yang berakhlak, perilaku seseorang akan menjadi baik jika diusahakan pembentukannya. Usaha tersebut dapat ditempuh dengan belajar dan berlatih melakukan perilaku akhlak yang mulia. Di dalam Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading, Peran Pengurus putri mimiliki peran yang sangat penting setelah pengasuh dalam upaya pembinaan akhlak santri putri di dalam lingkungan pesantren agar dapat beristiqomah dan mengaplikasikan akhlak secara baik.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran pengurus putri dalam membina akhlak santri putri terhadap Allah SWT di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Periode 2021-2022?, 2) Bagaimana peran pengurus putri dalam membina akhlak santri putri terhadap Rasulullah SAW di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Periode 2021-2022?, 3) Bagaimana peran pengurus putri dalam membina akhlak santri putri terhadap diri sendiri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bugading Periode 2021-2022?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan peran pengurus putri dalam membina akhlak santri putri terhadap Allah SWT di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Periode 2021-2022, 2) untuk mendeskripsikan peran pengurus putri dalam membina akhlak santri putri terhadap Rasulullah SAW di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Periode 2021-2022, 3) untuk mendeskripsikan peran pengurus putri dalam membina akhlak santri putri terhadap diri sendiri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Periode 2021-2022?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, data display, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan, triangulasi teknik.
Hasil penilitian ini yaitu: 1) pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading dilakukan dengan empat cara yaitu: pengajaran, mencontohkan, membiasakan, memberikan hukuman, dan pemberian hadiah. Pembinaan akhlak santri terhadap Allah SWT yaitu: a) kegiatan sholat berjama’ah, b) berdzikir setelah sholat, c) mengajarkan hak-hak Allah SWT dalam kegiatan ta’lim. 2) pembinaan akhlak santri terhadap Rasulullah SAW yaitu: a) kegiatan sholawat, b) puasa sunnah, c) mengikuti dan mentaati apa yg di sandarkan terhadap rosuluaalah. 3) pembinaan akhlak santri terhadap diri sendiri yaitu: a) mengajarkan amanah, b) mengajarkan sifat jujur, c) mengajarkan sifat ihsan (berbuat baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nur Nur Wahyuni
Date Deposited: 17 Jul 2022 09:42
Last Modified: 17 Jul 2022 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item