PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MASA PANDEMI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurul Dinia, Arshinta (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MASA PANDEMI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
RREVISI.SKRIPSI ARSHINTA(1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil belajar Biologi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Minat dan motivasi belajar sangat diperlukan untuk aktivitas belajar. Semakin baik atau bagusnya suatu minat dan motivasi seseorang, maka akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana minat belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember? 3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember? 4) Adakah pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa pada masa pandemi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember? 5) Adakah pengaruh minat belajar dan motivasi belajar secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa pada masa pandemi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember?
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tanggul Jember dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tanggul Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) minat belajar siswa pada masa pandemi di SMA Negeri 1 Tanggul Jember memiliki kategori sangat tinggi dengan persentase 4,2%, kategori tinggi memiliki persentase 60% dan kategori sedang memiliki persentase 35,8%. 2) motivasi belajar pada masa pandemi di SMA Negeri 1 Tanggul Jember memiliki kategori tinggi dengan persentase 57,5% dan kategori sedang memiliki persentase 42,5%. 3) hasil belajar siswa pada masa pandemi di SMA Negeri 1 Tanggul Jember dengan kategori sangat tinggi degan persentase 83,3% dan kategori tinggi memiliki persentase 16,7%. 4) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa pada masa pandemi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember. Hal, ini dibuktikan dengan hasil penguian hipotesis uji F yang diperoleh nilai Fhitung = 29‚107 lebih besar dari Ftabel = 3‚07 dengan taraf kepercayaan 5%. 5) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dan motivasi belajar secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa pada masa pandemi di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik t variabel minat belajar yang diperoleh thitung = 7,567 lebih besar dari ttabel = 1,980 dengan taraf kepercayaan 5% yang berarti secara individu variabel minat belajar (X1). berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y). Hasil uji t variabel motivasi belajar diperoleh nilai thitung = 3,637 lebih besar dat ttabel = 1,980 dengan taraf signifikan 5% yang berarti secara individu variabel motivasi belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Ms Arshinta Nurul Dinia
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:50
Last Modified: 15 Jul 2022 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item