Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Industri Mebel UD Jaya Santosa Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.

Diah Sri Lestari, - (2020) Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Industri Mebel UD Jaya Santosa Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Progam Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
Diah Sri Lestari_E20162089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diah Sri Lestari, M.F. Hidayatullah, 2020 : Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Industri Mebel UD Jaya Santosa Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Bisnis mebel UD Jaya Santosa bergerak dibidang furniture sejak tahun 2004 hingga sekarang. Kondisi lingkungan internal dan eksternal merupakan faktor yang dapat merubah keadaan perusahaan. Alat untuk membantu strategi pengembangan bisnis pada mebel UD Jaya Santosa yaitu analisis SWOT. Karena analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strenghts) dan peluang (opportunities), secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threat). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana strategi pengembangan bisnis pada industri mebel UD Jaya Santosa ? 2) bagaimana analisis SWOT terhadap strategi pengembangan bisnis pada industri mebel UD Jaya Santosa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis dan juga untuk mengetahui analisis SWOT terhadap strategi pengembangan bisnis pada industri mebel UD Jaya Santosa. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1) strategi pengembangan bisnis pada mebel UD Jaya Santosa terdapat penghambat pada faktor internal meliputi sistem kerja yang kurang baik. Tidak ada pengembangan produk baru. Hasil produksi belum ada peningkatan. Tidak ada laporan keuangan. Pemasaran yang tidak luas. Adapun juga faktor eksternal seperti canggihnya teknologi dalam pembuatan perabot dari bahan lain, pesaing dengan produk sejenis, berpindahnya pemasok, minat pembeli beralih ke perabot dari bahan lain. 2) analisis SWOT terhadap strategi pengembangan bisnis mebel UD Jaya Santosa dapat menerapkan strategi–strategi yang didapat dari matriks SWOT yakni: strategi SO: memulai untuk mencoba membuat produk baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah canggih. Strategi ST: memanfaatkan teknologi canggih, untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan konsumen dan tidak kalah saing dengan mebel lain dan juga dengan perabotan dari bahan lain. Strategi WO: Memperluas jaringan pemasaran di daerah lain dan dengan memanfaatkan media masa. Strategi WT: meningkatkan teknologi canggih untuk meningkatkan produk baru agar pelanggan tidak beralih ke perabotan lain. Kata Kunci : Strategi pengembangan bisnis, analisis SWOT, industri mebel UD Jaya Santosa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 13 Jul 2022 20:28
Last Modified: 13 Jul 2022 20:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item View Item