INNA, MUTHMAINNAH (2022) PERAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI Muthmainnah fix digilib.pdf Download (3MB) |
Abstract
Muthmainnah, 2022: “Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu
Layanan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember”.
Kata Kunci: Tenaga administrasi dan mutu layanan administrasi.
Tenaga administrasi merupakan unsur pokok dalam pengelolaan kegiatan�kegiatan di madrasah. Tenaga administrasi berperan penting dalam melayani,
membantu, dan mengarahkan sumber daya madrasah dalam memenuhi
kebutuhannya dalam pelaksanaan pendidikan di madrasah. Mutu layanan
administrasi madrasah dapat diukur dengan tingkat efektivitas, efisiensi dan
rasionalitas layanan administrasi madrasah.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran tenaga
administrasi madrasah di MAN 1 Jember? 2) Bagaimana mutu layanan
administrasi madrasah di MAN 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran tenaga
administrasi madrasah di MAN 1 Jember. 2) Mengukur mutu layanan
administrasi madrasah di MAN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods desain
sequental exploratory. Metode ini merupakan metode kombinasi yaitu dengan
menggabungkan dua metode (kualitatif dan kuantitatif) secara bertahap. Metode
kualitatif berfungsi untuk menemukan hipotesis pada kasus tertentu atau sampel
terbatas, dan metode kuantitatif berfungsi untuk menguji hipotesis pada populasi
yang lebih luas. Jadi metode ini berguna untuk menemukan hipotesis dan
sekaligus membuktikan validitas hipotesis tersebut.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Tenaga administrasi madrasah
berperan penting dalam melayani, membantu dan mengarahkan dalam proses
pembelajaran di MAN 1 Jember, karena tanpa adanya tenaga administrasi maka
proses pembelajaran di madrasah tidak akan berjalan sesuai dengan yang
diharapkan. 2) Layanan administrasi di MAN 1 Jember menunjukkan bahwa
pelayanan administrasi siswa MAN 1 Jember sesuai dengan tingkat efektivitas,
efisiensi, dan rasionalitas layananan administrasi. Sedangkan layanan administrasi
guru terhitung efektif namun tidak sesuai dengan tingkat efisiensi dan rasionalitas
layanan administrasi madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muthmainnah Inna |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 01:26 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 01:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10117 |
Actions (login required)
View Item |