Upaya Majelis Dsikir Dan Sholawat Ma'asyara Syabab Dalam Membentuk Akhlak Pemuda Di Desa Sumber Taman Probolinggo

Budi, Sasmito (2022) Upaya Majelis Dsikir Dan Sholawat Ma'asyara Syabab Dalam Membentuk Akhlak Pemuda Di Desa Sumber Taman Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Budi Sasmito, T20161001, watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Budi Sasmito,2022: Upaya Majelis Dzikir Dan Sholawat Ma’asyara Syabab Dalam Membentuk Akhlak Pemuda Di Desa Sumber Taman Probolinggo.

Kata kunci: Upaya majelis dzikir dan sholawat, membentuk akhlak pemuda

Pada era saat ini pendidikan akhlak masih dipercaya sebagai media yang sangat ampuh untuk membangun kecerdasan sekaligus kepribadian manusia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan akhlak secara terus-menerus dibangun dan dikembangkan agar dari proses pelaksanaannya menghasilkan generasi yang diharapkan. Maka dari itu, perbaikan sumber daya manusia yang cerdas, terampil, mandiri, dan berakhlak mulia terus diupayakan melalui proses pendidikan khususnya dalam segi akhlak, karena akhlak sendiri menjelaskan tentang norma-norma, budi pekerti, sopan santun, dan nilai-nilai kebaikan yang terkandung dalam Al-Qur’an.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya majelis dzikir dan sholawat ma’asyara syabab dalam membentuk akhlak pemuda di desa sumber taman probolinggo? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya mjelis dzikir dan sholawat ma’asyara syabab dalam membentuk akhlak pemuda di desa sumber taman probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya majelis dzikir dan sholawat ma’asyara syabab dalam membentuk akhlak pemuda di desa sumber taman probolinggo? 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya majelis dzikir dan sholawat dalam membentuk akhlak pemuda di desa sumber taman probolinggo?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan situasi tertentu berdasarkan data yang diperoleh dilapangan secara terperinci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancaram dokumentasi dan observasi langsung di Majelis Ma’asyara Syabab Desa Sumber Taman Probolinggo. Dalam pemilihan informan penulis menggunakan purposive sampling.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) jenis kegiatan majelis dzikir dan sholawat Ma’asyara Syabab adalah: rutinan pembacaan dzikir, sholawatan dan dilanjut kajian keilmuan yang dilaksanakan setiap malam jum’at dan sabtu. 2) Upaya majelis dzikir dan sholawat ma’asyara syabab dalam membentuk akhlak pemuda menggunakan teori pendidikan akhlak seperti metode keteladanan, nasihat dan motivasi, kisah, dan pembiasan. 3) faktor pendukung yaitu dukungan langsung dari masyarakat sekitar, semangat yang tinggi dari para pemuda. 4) faktor penghambat yaitu adanya pengaruh dari pergaulan luar, sarana prasarana yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Budi Sasmito
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:34
Last Modified: 14 Jul 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10125

Actions (login required)

View Item View Item