Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Keislaman dalam Konteks Al-Quran pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel untuk Peserta Didik Kelas VII di SMP Plus Roudlotut Jember

Hasanah, Bariyatul (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Keislaman dalam Konteks Al-Quran pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel untuk Peserta Didik Kelas VII di SMP Plus Roudlotut Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BARIYATUL HASANAH_T20177029.pdf

Download (15MB)

Abstract

Bariyatul Hasanah (2022): Pengembangan Lembar Kerja Peseta Didik Terintegrasi Keislaman dalam Konteks Al-Quran pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel untuk Peserta Didik Kelas VII di SMP Plus Roudlotut Tholabah Jember.

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Integrasi Keislaman, Konteks Alquran, Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel.

Proses pembelajaran sangat berpengaruh pada kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Oleh karena itu, pendidik perlu menciptakan inovasi baru dalam proses pembelajaran, salah satu diantaranya adalah inovasi penggunaan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik. Lembar kerja peserta didik juga dapat dimanfaatkan sebagai penunjang tercapainya KI 1 (Kompetensi Spiritual), yaitu dengan mengintegrasikan lembar kerja peserta didik dengan nilai-nilai keislaman dalam konteks Al-Quran.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menentukan kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik terintegrasi Keislaman dalam konteks Al-Quran pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel untuk siswa kelas VII di SMP Plus Roudlotut Tholabah Jember, 2) Menentukan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik terintegrasi Keislaman dalam konteks Al-Quran pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel untuk siswa kelas VII di SMP Plus Roudlotut Tholabah Jember, dan 3) Menentukan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik terintegrasi Keislaman dalam konteks Al-Quran pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel untuk siswa kelas VII di SMP Plus Roudlotut Tholabah Jember
Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk pengembangan dinyatakan layak apabila memenuhi aspek: 1) kevalidan (instrumen penelitian berupa lembar validasi matematika, keislaman, bahasa, dan desain), 2) kepraktisan (instrumen penelitian berupa angket respon peserta didik dan pendidik), dan 3) keefektifan (instrumen penelitian berupa tes hasil belajar peserta didik). Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar kelas VII di SMP Plus Roudlotut Tholabah Jember.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Produk pengembangan dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 89,21% sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan. 2) Produk pengembangan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 86,28% sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan, dan 3) Produk pengembangan dinyatakan efektif dengan persentase keefektifan sebesar 80% sehingga produk pengembangan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Me Bariyatul H
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:21
Last Modified: 15 Jul 2022 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item