Strategi pembelajaran Problem Based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Irsyadun Nasyi'in Kasiyan-Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Amaliyah, Indah (2022) Strategi pembelajaran Problem Based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Irsyadun Nasyi'in Kasiyan-Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Indah Amaliyah T20181226.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan strategi pembelajaran akan mengalami dinamika perubahan dari waktu ke waktu. tergantung dari kondisi dan karakteristik siswa yang di ajar, pendidik harus mampu memperhatikan dalam pemilihan strategi pembelajaran karena nantinya akan menentukan seberapa efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, seperti salah satu sekolah di desa Kasiyan, Kecamatan puger, Kabupaten Jember, bernama MTs Irsyadun Nasyi’in terdapat strategi pembelajaran Problem Based Learning yaitu pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, pendidik menerapkan strategi pembelajaran tersebut karena di anggap startegi pembelajaran sebelumnya yaitu metode ceramah sudah tak efektif yaitu mengalami rasa bosan, mengantuk, dan tidak memahami penjelasan materi yang telah dijelaskan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI . 2) Bagaimana strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran SKI pada aspek kognitif. 3) Bagaimana strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran SKI pada aspek afektif.4) Bagaimana strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswamata pelajaran SKI pada aspek psikomotorik.
Metode Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partsipasi pasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif, model interatif Miles Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu, 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan 3 teknik yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.2) strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswa pelajaran SKI pada aspek kognitif 3 teknik HOTS kemampuan berfikir analisis, Kemampuan Problem Solving, Kemampuan berfikir kritis dan kreatif 3) strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran SKI pada aspek afektif Kemampuan Memilih hal Positif & Negatif, Kemampuan
Menghindari Konflik dan Melahirkan sikap disiplin & Istiqamah. 4) strategi pembelajaran problem based learning dalam menigkatkan prestasi belajar siswamata pelajaran SKI pada aspek psikomotorik Kemampuan membuat literasi, kemampuan dalam ranah aktivitas pengembangan diri.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Problem Based learning, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Amaliyah Indah
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:55
Last Modified: 09 Aug 2022 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item