HUBUNGAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Arifin, Muhamad zainul (2022) HUBUNGAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_M ZAINUL ARIFIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

M Zainul Arifin, 2021: Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan
Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMA
NURIS Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kata kunci: Minat Baca, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor yang mepengaruhi
prestasi belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu
faktor internal yang meliputi kesehatan, intelegensi, bakat, minat, dan cara
belajar. Tidak hanya itu faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar
adalah motivasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hubungan minat baca
dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI di SMA
NURIS Jember tahun pelajaran 2020/2021, 2) Mengetahui hubungan motivasi
belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas XI
di SMA NURIS Jember tahun pelajaran 2020/2021, 3) Mengetahui hubungan
minat baca dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran matematika kelas XI di SMA NURIS Jember tahun pelajaran
2020/2021
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex-post facto
dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di kelas XI SMA NURIS
Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pusposive random
sampling dan di dapatkan sebanyak 60 sampel dari 181 populasi siswa. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan
angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif
dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan bantuan
analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat hubungan
yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar siswa, dengan nilai
signifikan untuk minat baca sebesar 0,474 dan probabilitas tersebut lebih besar
dari = 0,05 sehingga H01 diterima dan Ha1 ditolak. 2) Terdapat hubungan
yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, dengan
nilai signifikan untuk motivasi belajar sebesar 0,001 dan probabilitas tersebut
kurang dari dari = 0,05 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima dan
mempunyai tingkat keeratan cukup. 3) Terdapat hubungan yang signifikan
antara minat baca dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, dengan
nilai signifikan sebesar 0,002 dan probabilitas tersebut kurang dari = 0,05
sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima dan mempunyai tingkat keeratan 16,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: mr Muhamad Zainul Arifin
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:14
Last Modified: 14 Jul 2022 04:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item