Implementasi Manajemen Kurikulum Tahun 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Jannah, Zulfa Safinatul (2022) Implementasi Manajemen Kurikulum Tahun 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulfa Safinatul Jannah_T20183080 Fiks digilib.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zulfa Safinatul Jannah, 2022: “ Implementasi Manajemen Kurikulum Tahun 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Tahun 2013, Mutu Pendidikan
Implementasi manajemen kurikulum tahun 2013 merupakan suatu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikukulum yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember yang dimana sebenanya semua mengikuti dari pusat da dikemas kembali oleh lembaga mulai dari perencanaannya, pelaksannya dan evaluasinya. Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu tujuan sebuah sekolah yang berkembang, baik mutu akademik maupun non akademik. Sehingga perlu adanya pengimlementasian kurikulum tahun 2013 yang baik dan sesuai dengan arahan dari atasan atau kementrian agar dapat meningkatkan mutu pendidikan yang menghasilakan output yang baik bagi sekolah baik mutu akademik maupun non akademik.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022?. 3) Bagaimana evaluasi kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualiatif: jenis penelitian ini adalah fenomenologi. Penelitian ini digunakan untuk memahami fenomena, tentang apa yang dialami subyek penelitian. Adapun teknik pengumpulan dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasif, wawancara semi terstruktural, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukaan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumr dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan manajemen kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Perencanaan yang dilakukan yaitu mengikuti dari kemendikbud maupun kemenag, selain itu kepala sekolah memiliki inovasi khusus seperti memahami masing-masing karakter siswa, waka kurikulum juga memiliki perencanaan membuat keterampilan softskill dan hardskill, peserta didik juga melakukan pembuatan RPP dan silabus. 2) Pelaksanaan manajemen kurikulum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pelaksanaan yang dilkukan yaitu mengikuti arahan dari pusat, untuk pelaksanaan yang dilakukan oleh pendidik yaitu mengaplikasikan RPP dan silabus yang telah direncanakan diawal. 3) Evaluasi manajemen kurikuum tahun 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Evaluasinya yaitu dilakukan setiap akhir tahun ajaran yang kemudian dikirimkan ke korwil atau provinsi, evaluasi yang khusus diberikan pendidik kepada peseta didik yatu seperti yang dilakukan satu minggu sekali setiap akir pembelajaran, dan evaluasi yang dilakukan oleh lembga dengan semu guru yaitu seperti ujian PTS dan PAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Safinatul Jannah
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:58
Last Modified: 19 Jul 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item