Manajemen Sumberdaya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik pada Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdhatul Ulama’ Darul Ulum Klakah

melanda, elza (2022) Manajemen Sumberdaya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik pada Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdhatul Ulama’ Darul Ulum Klakah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELZA AINUN R.I.M T20183075 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Elza Ainun Roisurrohman Izza Melanda, 2022: manajemen sumerdaya manusia dalam meningkatkan kompetensi pendidik pada program tahfidzul qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdhatul Ulama’ Darul Ulum Klakah
Kata kunci : manajemen sumberdaya manusia, kompetensi pendidik.
Suatu Lembaga Pendidikan dalam meningkatkan kualitas terutama kualitas seorang pendidik akan berusaha sebisa mungkin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan di sepakati sebelumnya. Keberhailan dalam peningkatan sumberdaya manusia terutama pada kompetensi pendidik merupakan tujuan sebuah Lembaga Pendidikan.Ini dapat diketahui sumber daya manusia dalam suatu organisasi khususnya dalam lembaga pendidikan diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam peningkatan kompetensi pendidik sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana perencanaan Manajemen Sumberdaya Manusia dalam meningkatkan kompetensi pendidik Pada Program Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Ibridaiyah Maarif Nu Darul Ulum Ranupakis Klakah Lumajang? 2) Bagaimana Rekrutmendan seleksi sumberdaya pendidikdalam meningkatkan kompetensi pendidik pada program Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Nahdlatul Ulama’ Darul Ulum Ranupakis Klakah Lumajang? 3) Bagaimana pelatihan dan pengembangan sumberdaya pendidik dalam meningkatkan kompetensi pendidik pada Program Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Nahdlatul Ulama’ Darul Ulum Ranupakis Klakah Lumajang?
Penulis menggunakan pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi pertisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian ini yaitu: 1. Bentuk perencanaan pada program tahfidzul qur’an di madrasah ibtidaiyah ma’arif nahdlatul ulama klakah ini dengan cara menganalisis kebutuhan pendidiknya yang dilakukan satu kali dalam setahun.2. Rekrutmen yang dilakukan pada program Tahfidzul Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama Klakah menggunakan cara rekrutmen internal saja, dengan merekrut alumni madrasah dan juga guru kelas di Madrasah. Dengan begitu madrasah dengan mudah menyesuaikan kebutuhan madrasah dengan kriteria yang telah di tentukan..seleksiuntuk program tahfidzul qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama’dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan evaluasi data calon pendidik. Hal ini meliputi identifikasi kriteria yang ditentukan oleh madrasah.3.Bentuk pelatihan dan pengembangan yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama’ darul ulum dengan berbagai kegiatan , mulai dari mengadakan belajar bersama atau diskusi antara pendidik dan pendidik lain sampai dengan madrasah yang memfasilitasi para pendidik dengan mendatangkan fasilitator qur’ani dari Sidogiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: EARIM Elza Ainun roisurrohman Izza melanda Elza melanda
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:21
Last Modified: 19 Jul 2022 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item View Item