Tradisi Larangan Nikah Ngalor Ngulon Perspektif 'Urf dalam Maqasid Syari'ah Jasser Auda (Studi Kasus di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi)

Ismawati, Risna (2022) Tradisi Larangan Nikah Ngalor Ngulon Perspektif 'Urf dalam Maqasid Syari'ah Jasser Auda (Studi Kasus di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Risna Ismawati S20181155 digilib.pdf

Download (7MB)

Abstract

Risna Ismawati, 2022: Tradisi Larangan Nikah Ngalor Ngulon Perspektif 'Urf dalam Maqasid Syari'ah Jasser Auda (Studi Kasus di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi).

Kata Kunci: Tradisi, Nikah Ngalor ngulon, Maqasid Syari'ah Jasser Auda

Pada dasarnya Allah menciptakan manusia dengan berpasang-pasangan yaitu laki-laki dan perempuan agar dapat membentuk sebuah keluarga yang bahagia. Pernikahan merupakan suatu ibadah dan juga sunnatullah, akan tetapi di indonesia sendiri memiliki beragam budaya yang masih dipercayai oleh masyarakat dan diberlakukan secara turun-temurun seperti adat pernikahan di jawa tentang larangan nikah ngalor ngulon.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Mengapa pernikahan ngalor ngulon dilarang di desa Purwoharjo? 2) Bagaimana pandangan 'Urf dalam Maqasid Syari'ah Jasser Auda terhadap Tradisi Larangan Nikah Ngalor Ngulon Di Desa Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi?
Adapun penelitian ini memiliki Tujuan Yaitu: 1) Untuk mengetahui secara mendalam mengenai alasan dilarangnya pernikahan ngalor ngulon. 2) Menganalisis mengenai Pandangan 'Urf dalam Maqasid Syari'ah Jasser Auda Terhadap Tradisi Larangan Nikah Ngalor Ngulon Di Desa Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.
Jenis Penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. adapun untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, studi pustaka (Library Research), dan wawancara. analisis yang digunakan menggunakan Reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwasanya 1) Tradisi Larangan Nikah Ngalor Ngulon dilarang di Desa Purwoharjo karena beberapa Faktor yaitu faktor kebiasaan atau adat istiadat, faktor kurangnya pengetahuan agama, faktor keyakinan dan faktor struktur sosial masyarakat. 2) Berdasarkan pandangan 'Urf dalam Maqasid Syari'ah Jasser Auda mengenai Tradisi Larangan Nikah Ngalor Ngulon boleh dilestarikan dengan menghilangkan unsur-unsur fasid atau kemudharatan dalam adat tersebut. Hal ini dikarenakan Tradisi ini merupakan kebiasaan adat Desa Purwoharjo yang tidak bisa begitu saja dihapuskan. Tradisi ini juga tidak serta merta melarang pernikahan, namun hanya pada arah tertentu saja yaitu Ngalor Ngulon. Dengan mengacu padaTujuan Hukum Islam berdasarkan Jasser Auda haruslah bersifat Universalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Risna Ismawati
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:34
Last Modified: 15 Jul 2022 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item