AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA BATUPUTIH LAOK KECAMATAN BATUPUTIH KABUPATEN SUMENEP

Musyfik Arromzi, Taufiqul (2002) AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA BATUPUTIH LAOK KECAMATAN BATUPUTIH KABUPATEN SUMENEP. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIQI LENGKAP.pdf

Download (5MB)

Abstract

Taufiqul Musyfik Arromzi, Nur Alifah Fajariyah, SE., MSA. 2022: AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA BATUPUTIH LAOK KECAMATAN BATUPUTIH KABUPATEN SUMENEP.

Permendagri No. 113 tahun 2014, Keuangan desa dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Dengan adanya transparansi menjamin akses atau kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan, yakni informasi tentang kebijakan, proses pembuatan, dan pelaksanaannya serta hasil-hasil yang dicapai.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana mekanisme pengelolaan Dana Desa di desa Batuputih Laok? (2) Bagaimana mekanisme transparansi dan akuntabilitas yang dilakukan pemerintah desa terkait dengan dana desa di desa Batuputih Laok? (3) Bagaimana kendala - kendala yang dihadapi oleh pemerintah desa atas pengelolaan Dana Desa di desa Batuputih Laok?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengelolaan Dana Desa di desa Batuputih Laok. Sehingga peneliti memiliki gambaran pengelolaan Dana Desa yang telah dilakukan oleh pemerintah desa Batuputih Laok (2) Untuk mengetahui prosedur dari transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah desa dalam pengelolaan Dana Desa Batuputih Laok. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala atas pengelolaan Dana Desa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu di Desa Batuputih Laok Kecamatan Batuputih Kabupaten Sumenep. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu: kepala desa dan seperangkat aparat desa Batuputih Laok. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu; observasi, (observation), wawancara (interview) dan dokumentasi (documentation). Peneliti menggunakan analisis data berdasarkan pemikiran Miles dan Huberman; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi Teknik.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mekanisme pengelolaan Dana desa Batuputih Laok. Sudah dilakukan berdasarkan Undang-undang Nomor 113 Tahun 2014. Mekanisme pengelolaan Desa meliputi, tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan serta pertanggungjawaban sudah dilakukan dengan baik. Berdasarkan indikator transparansi dalam model pengukuran pelaksanaan good governance. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa desa Batuputih Laok menyediakan aksesibilitas dokumen yang telah tersusun rapi untuk diakses oleh masyarakat selanjutnya adanya kejelasan, kelengkapan, dan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi seperti adanya pemasangan baliho atau papan informasi di beberapa titik. Ada beebrapa hambatan dalam pengelolaan alokasi dana desa Batuputih Laok yaitu lemahnya kemampuan perencaanaan di tingkaat desa, menumpuknya pekerjaan di desa sehingga masih terjadi kesalahan dalam membrikan laporan hasil kegiatan, sebagiaan masyarakat belum mengerti tentaang manfaat pengelolaan keuangan desa.

Kata Kunci: akuntabilitas, transparansi dan pengelolaan dana desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150102 Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email Romzi.sonic@gmail.com
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:49
Last Modified: 20 Jul 2022 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10171

Actions (login required)

View Item View Item