Kamilah, Sholihatul (2022) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sholihatul Kamilah_T20171231.pdf Download (3MB) |
Abstract
MTs.
Darul Latief Ar-Rosyid merupakan salah satu pendidikan formal yang menerapkan
pembelajaran mahfudzot. Hal ini sangat penting, mengingat pada saat ini peserta didik cenderung
mengabaikan pendidikan karakter. Persoalan ini muncul dikarenakan kurangnya guru
dan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap perilaku
kehidupan sehari-hari. Adanya hal
tersebut guru berinisiatif untuk menerapkan pembelajaran mahfudzot sebagai
pembelajaran wajib disekolah karena mahfudzot tersebut cukup mudah dipelajari, di
hafal, dan dipahami oleh peserta didik.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
penanaman nilai Pendidikan karakter religius melalui pembelajaran mahfudzot di
Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat
Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana penanaman nilai
Pendidikan karakter jujur melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah
Darul Latief Ar-rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi
Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter
disiplin melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Arrosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran
2020/2021?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai
pendidikan karakter religius melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah
Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten
Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai
pendidikan jujur melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai pendidikan karakter
disiplin melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran
2020/2021.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan
jenis pendekatan menggunakan pendekatan field research (studi lapangan). Lokasi
penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Kecamatan Kabat
Kabupaten Banyuwangi. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive
Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini: 1) Penanaman nilai religius melalui pembelajaran
mahfudzot di MTs. Darul Latief Ar-Rosyidy yaitu dengan memberikan pengetahuan
secara teoritis, mewajibkan siswa untuk menghafal dan menulis. Guru mencontohkan
dikehidupan nyata serta melakukan pengawasan secara berkelanjutan. 2) penanaman
nilai jujur melalui pembelajaran mahfudzot di MTs. Darul Latief Ar-Rosyid upaya
yang dilakukan sama halnya dengan nilai religius yaitu memberikan pengetahuan
secara teoritis, menghafal dan menulis mahfudzot serta melibatkan guru dan orang tua
dalam pengawasan. 3) Penanaman nilai disiplin melalui pembelajaran mahfudzot di
MTs. Darul Latief Ar-Rosyid yaitu dengan cara melakukan pembiasaan kepada
peserta didik seperti datang tepat waktu dan taat akan aturan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Sholihatul Kamilah |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 01:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 01:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10172 |
Actions (login required)
View Item |