Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021

Kamilah, Sholihatul (2022) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sholihatul Kamilah_T20171231.pdf

Download (3MB)

Abstract

MTs. Darul Latief Ar-Rosyid merupakan salah satu pendidikan formal yang menerapkan pembelajaran mahfudzot. Hal ini sangat penting, mengingat pada saat ini peserta didik cenderung mengabaikan pendidikan karakter. Persoalan ini muncul dikarenakan kurangnya guru dan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap perilaku kehidupan sehari-hari. Adanya hal tersebut guru berinisiatif untuk menerapkan pembelajaran mahfudzot sebagai pembelajaran wajib disekolah karena mahfudzot tersebut cukup mudah dipelajari, di hafal, dan dipahami oleh peserta didik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penanaman nilai Pendidikan karakter religius melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana penanaman nilai Pendidikan karakter jujur melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter disiplin melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar￾rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai pendidikan karakter religius melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai pendidikan jujur melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai pendidikan karakter disiplin melalui pembelajaran mahfudzot di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan jenis pendekatan menggunakan pendekatan field research (studi lapangan). Lokasi penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: 1) Penanaman nilai religius melalui pembelajaran mahfudzot di MTs. Darul Latief Ar-Rosyidy yaitu dengan memberikan pengetahuan secara teoritis, mewajibkan siswa untuk menghafal dan menulis. Guru mencontohkan dikehidupan nyata serta melakukan pengawasan secara berkelanjutan. 2) penanaman nilai jujur melalui pembelajaran mahfudzot di MTs. Darul Latief Ar-Rosyid upaya yang dilakukan sama halnya dengan nilai religius yaitu memberikan pengetahuan secara teoritis, menghafal dan menulis mahfudzot serta melibatkan guru dan orang tua dalam pengawasan. 3) Penanaman nilai disiplin melalui pembelajaran mahfudzot di MTs. Darul Latief Ar-Rosyid yaitu dengan cara melakukan pembiasaan kepada peserta didik seperti datang tepat waktu dan taat akan aturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Sholihatul Kamilah
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:27
Last Modified: 10 Aug 2022 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10172

Actions (login required)

View Item View Item