Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama

Lauxavandani, Dickenvi (2022) Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Dickenvi Lauxavandani _ T20179069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dickenvi Lauxavandani, 2022: Relevansi Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama.

Kata kunci : Pendidikan Moral, Emile Durkheim, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa moralitas sedang mengalami kemunduran diakibatkan perubahan zaman yang memaksa masuk pada pola kehidupan manusia, melalui pendidikan moral diharapkan dapat meningkatkan pengembangan nilai – nilai kejujuran, toleransi, dan religius yang dapat membentuk sikap dan perilaku yang mampu menghadapi perubahan zaman. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan moral menurut Emile Durkheim? 2) Bagaimana relevansi pendidikan moral menurut Emile Durkheim dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reserch), menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu Pendidikan moral: suatu study teori dan aplikasi sosiologi Pendidikan terj. Drs. Lukas Ginting, 1990. Penggolahan data yang dipakai adalah metode dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisisisi dan komparatif. Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) konsep pendidikan moral menurut Emile Durkheim yaitu kesepakatan antar sekelompok manusia ( masyarakat ) yang menjunjung tinggi nilai – nilai luhur yang dihormati oleh manusia. Menurut Emile Durkheim moralitas bersifat duniawi berbentuk kemasyarakatan dan tidak bersangkut pautkan dengan sesuatu yang rohani / religius (2) relevansi pendidikan moral menurut Emile Durkheim dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama adalah Emile Durkheim memandang pendidikan moral adalah sebuah tindakan keteraturan, keterikatan terhadap kelompok dan otonomi diri sendiri, dan yang menjadi sebjek adalah masyarakat, pendidikan moral hanya bisa terjadi dari gejala dan krisis yang terjadi di masyarakat. Sedangkan, pendidikan IPS merupakan kombinasi dari disiplin ilmu sosial yang membahas permasalahan social. Pada seluruh materi bahan ajar IPS SMP dan MTs kelas 7 kurikulum 13 pada materi ajar tersebut berkaitan dengan manusia dan lingkungan yang membahas tentang gejala yang terjadi pada masyarakat dengan hal ini pendidikan moral termasuk kurikulum tersembunyi yang dapat diselipkan pada proses pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160802 Environmental Sociology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Dickenvi Lauxavandani
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:31
Last Modified: 15 Jul 2022 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item