Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri pada Keluarga Penyandang Disabilitas dalam Perspektif Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Brondong dan Paciran Kabupaten Lamongan)

Kusuma Dewi, Eka Rahma (2022) Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri pada Keluarga Penyandang Disabilitas dalam Perspektif Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Brondong dan Paciran Kabupaten Lamongan). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EKA RAHMA KUSUMA DEWI_S20181017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hak dan kewajiban suami istri merupakan sesuatu yang pada dasarnya wajib untuk dilaksanakan sesuai dengan ketetapan yang telah diberikan untuk suami maupun istri. Lalu timbulnya hak dan kewajiban tersebut ialah berasal dari adanya akad dalam pernikahan, sekalipun yang melaksanakan hak dan kewajiban tersebut berpenyandang disabilitas. Dari kekurangan fisik yang dimiliki suami istri tersebut mereka juga memiliki kelebihan yang berbeda dengan orang normal pada umumnya.
Fokus penelitian ini adalah: a. Bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri penyandang disabilitas di Kecamatan Brondong dan Paciran Kabupaten Lamongan?. b. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemenuhan hak dan kewajiban suami istri penyandang disabilitas?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: a. Untuk menganalisis pemenuhan hak dan kewajiban suami istri penyandang disabilitas di Kecamatan Brondong dan Paciran Kabupaten Lamongan. b. Untuk menjelaskan bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri penyandang disabilitas bila ditinjau dalam perspektif Kompilasi Hukum Islam.
Jenis pendekatan yang dilakukan ialah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif atau biasa disebut dengan penelitian lapangan (field research). Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data dalam penelitian berupa analisis kualitatif deskriptif. Peneliti menguji dan memastikan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi.
Penelitian ini dapat memperoleh kesimpulan: a. Mengenai pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri penyandang disabilitas yang dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, dan pada setiap narasumber dapat menerima keadaan pasangan mereka dengan hak dan kewajiban secara tidak keseluruhan, dan ada yang tidak menerimanya hingga mengambil jalan untuk meninggalkan. Hak dan kewajiban tersebut tetap dilaksanakan meskipun dengan bantuan orang lain yang dianggap mampu untuk melaksanakannya. b. Dari kelima kewajiban suami dan dua kewajiban dari istri yang terdapat dalam Kompilasi Hukum Islam. Berdasarkan pada keluarga-keluarga yang dijadikan sebagai narasumber, rata-rata dari mereka menerima apa yang menjadi kekurangan yang dimiliki suami maupun istri yang berpenyandang disabilitas. Mereka tetap kokoh dalam mempertahankan keutuhan rumah tangganya, walaupun di satu sisi banyak sekali hal penting untuk mencukupi pemenuhan hidup keluarganya.

Kata Kunci : Hak dan Kewajiban Suami Istri, Penyandang Disabilitas, Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Eka Rahma Kusuma Dewi
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:58
Last Modified: 19 Jul 2022 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item