Komunikasi Antar Budaya di Kalangan Relawan Gubuk Pustaka Ndalung Kecamatan Ajung Kabupaten

Ikhwan, Achmad (2022) Komunikasi Antar Budaya di Kalangan Relawan Gubuk Pustaka Ndalung Kecamatan Ajung Kabupaten. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Nur Hidayatul Ikhwan_D20161050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember, terdapat 78 relawan aktif yang
mana semuanya adalah umat muslim. Para relawan tersebut berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Sebagian relawan berasal dari mahasiswa perguruan tinggi di Jember yang berasal dari daerah berbeda-beda. Sebagian lagi berasal dari komunitas seperti komunitas pecinta budaya pandhalungan, komunitas pecinta satwa liar, komunitas musik, komunitas seni, dan lainnya. Sehingga, muncullah komunikasi Antar budaya dikalangan relawan.
Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana proses
komunikasi Antar budaya di kalangan relawan Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember ? 2). Apa faktor penghambat proses komunikasi Antar budaya di kalangan relawan Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember ?. adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan proses komunikasi Antar budaya di kalangan relawan Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember. 2). Untuk mendeskripsikan faktor penghambat proses komunikasi Antar budaya di kalangan relawan Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). komunikasi Antar Budaya yang
terjadi antara relawan Gubuk Pustaka Ndalung terimplementasi dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya interaksi antara relawan yang berbeda latar belakang budaya, penggunaan bahasa dari suku Jawa, suku Madura dan perbedaan agama Gubuk Pustaka Ndalung terkenal dengan sebutan budaya Pandhalungan, menurut para relawan budaya ini sangat unik dan menarik sehingga ketika mereka bergabung di dalamnya. 2). Hambatan relawan terhadap komunikasi antar budaya
di kalangan antar relawan Gubuk Pustaka Ndalung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Depositing User: Ahmad Ikhwan
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:43
Last Modified: 19 Jul 2022 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

View Item View Item