Penggunaan Media Pop - Up Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas III MIMA 30 Bustanul Ulum Tegalsari Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Andriani, Rini (2022) Penggunaan Media Pop - Up Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas III MIMA 30 Bustanul Ulum Tegalsari Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rini Andriani_watermark.pdf

Download (10MB)

Abstract

Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah media Pop-Up Book yang dijadikan sebagai media dalam melatih, dan membantu siswa dalam kebahasaan khususnya pada bidang membaca, dengan tujuan agar mempermudah siswa untuk
memahami isi bacaan yang mereka baca dan membangkitkan semangat belajar mereka. Karena, membaca pada hakikatnya juga suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekadar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktivitas
visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana prosedur penggunaan media Pop-Up Book untuk mengembangkan kemampuan membaca peserta didik kelas III di MIMA 30 Bustanul Ulum Tegalsari Ambulu? dan (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penggunaan media Pop-Up Book dalam mengembangkan kemampuan membaca peserta didik kelas III di MIMA 30 Bustanul Ulum Tutul Tegalsari Ambulu?
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan prosedur
penggunaan media Pop-Up Book untuk mengembangkan kemampuan membaca peserta didik kelas III di MIMA 30 Bustanul Ulum Tutul Tegalsari Ambulu, (2) Mendeskripsikan Bagaimana kelebihan dan kekurangan penggunaan media Pop-Up Book dalam mengembangkan kemampuan membaca peserta didik kelas III di MIMA 30 Bustanul Ulum Tutul Tegalsari Ambulu?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelititian dipilih dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Milles Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanyamenggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Temuan dari penelitian ini adalah (1) Prosedur langkah-langkah penggunaan media Pop-Up Book yaitu (a) Tahap persiapan, (b) Tahap yang kedua peserta didik diminta menyimak dan memperhatikan petunjuk dan perintah guru (c) Guru menjelaskan cara menggunakan media Pop-Up, (d) Guru membuka media Pop-Up dan membacakan judul buku Pop-Up, (e) Peserta didik mengamati materi, (f) Guru memberi contoh, (g) Peserta didik diminta mengamati dan menirukan apa yang telah guru sampaikan, (h) Peserta didik diminta membaca satu persatu kedepan untuk membaca materi yang ada di media Pop-Up, dan (i) Guru memperhatikan dan mengoreksi peserta didik, serta (j) Terakhir adalah tahap penyelesaian (2) Kelebihan media pop-Up Book adalah memberikan visualitas cerita yang lebih menarik,
membuat peserta didik menjadi penasaran dan tertarik, selain itu Pop-Up juga mempunyai kemampuan untuk memperkuat kesan dan ingatan peserta didik. Kekurangan media Pop-Up Book di antaranya jangka waktu pengajarannya cenderung lebih lama karena menuntut ketelitian yang ekstra, perlu persiapan lebih matang, serta membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk membuat medianya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rini Andriani
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:51
Last Modified: 22 Jul 2022 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10202

Actions (login required)

View Item View Item