Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbentuk Komik Digital Pada Materi Kondisi Alam Indonesia Untuk Siswa SMP Tahun Ajaran 2021/2022

Maharotunnisa, Nila (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbentuk Komik Digital Pada Materi Kondisi Alam Indonesia Untuk Siswa SMP Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nila.pdf

Download (15MB)

Abstract

Nila Maharotunnisa, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbentuk Komik Digital Untuk Siswa SMP Pada Materi Kondisi Alam Indonesia Tahun Ajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik Digital, Kondisi Alam Indonesia

Terbatasnya penggunaan media pembelajaran di era pandemi menyebabkan proses pembelajaran secara daring menjadi suatu hambatan bagi peserta didik dan pendidik. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar menjadi membosankan. Pengembangan media pembelajaran berbentuk komik digital IPS digunakan untuk membantu memfasilitasi media pembelajaran dan menambah semangat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran IPS berbentuk komik digital pada materi kondisi alam Indonesia untuk siswa SMP tahun ajaran 2021/2022. 2) Menguji keefektifan penggunaan produk pengembangan media pembelajaran IPS berbentuk komik digital pada materi kondisi alam Indonesia untuk siswa SMP tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4D sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa Teknik, yaitu: 1) Angket; 2) Wawancara. Subjek penelitian ini melibatkan satu guru IPS dan 32 peserta didik kelas VII SMP N 5 Jember. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran IPS berbentuk komik digital, yang telah divalidasi menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi I dengan skor 88,75% “sangat valid”, (2) validasi ahli materi II dengan skor 80% “cukup valid”, (3) validasi ahli desain dengan skor 83,52% “sangat valid”, (4) validasi ahli bahasa dengan skor 92,00 % “sangat valid”. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa: (1) uji coba kelompok kecil menunjukkan nilai 88,98% kategori "sangat efektif”, (2) uji coba kelompok besar menunjukkan nilai 83,14% kategori “sangat efektif”, (3) hasil angket respon uji coba kelompok kecil dengan skor 87,60% kategori “sangat valid”, (4) hasil angket respon uji coba kelompok besar dengan skor 85,36% kategori “sangat valid”.
Kesimpulan hasil penelitian adalah: (1) produk pengembangan media pembelajaran IPS berbentuk komik digital telah tervalidasi oleh ahli dan guru IPS sehingga layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS di kelas VII; dan (2) media pembelajaran IPS berbentuk komik digital efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPS di kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Nila Maharotunnisa
Date Deposited: 15 Jul 2022 00:27
Last Modified: 15 Jul 2022 00:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item