ANALISIS POLA AKAD DALAM MEKANISME TRANSAKSI BISNIS JASA TITIP (PERSONAL SHOPPER) PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Jasa Titip Akun Facebook @Eka Khilya Dan Jasa Titip Akun Instagram @Titipin.aja.dulu)

NOVIA INDI, SUHASTI (2022) ANALISIS POLA AKAD DALAM MEKANISME TRANSAKSI BISNIS JASA TITIP (PERSONAL SHOPPER) PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Jasa Titip Akun Facebook @Eka Khilya Dan Jasa Titip Akun Instagram @Titipin.aja.dulu). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NOVIA INDI SUHASTI_S20182091..pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Pola Akad, Mekanisme, Transaksi Jasa Titip (Personal Shopper), Hukum Ekonomi Syariah

Jasa titip merupakan bisnis berbasis e-commerce yang sedang berkembang. Jasa titip melibatkan 3 pihak dalam mekanisme transaksinya, yakni personal shopper, penitip (customer), dan pihak outlet brand. Berdasarkan hal tersebut, tentu akad yang digunakan adalah multi akad (berlapis). Pertama, akad antara personal shopper dengan customer. Kedua, akad antara personal shopper dengan pihak outlet. Selain itu, terdapat beberapa aspek yang dapat mempengaruhi keabsahan akad dalam jastip, seperti metode pembayaran, keberadaan produk, kejelasan keterangan dalam mengunggah gambar, hingga tambahan fee.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme transaksi dalam bisnis jasa titip pada akun facebook @Eka Khilya dan pada akun instagram @titipin.aja.dulu? 2) Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pola akad yang terjadi dalam transaksi bisnis jasa titip pada keduua akun tersebut? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui, menganalisis dan memahami mekanisme transaksi dalam bisnis jasa titip pada akun facebook @Eka Khilya dan pada akun instagram @titipin.aja.dulu, dan 2) Untuk mengetahui, memahami, dan menguraikan analisis yuridis terhadap pola akad yang terjadi dalam transaksi bisnis jastip pada kedua akun tersebut berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah.
Untuk mengidentifikasi fokus penelitian dan mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis-empiris. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara terstruktur secara daring, kuesioner, dan studi dokumen. Kemudian, untuk menganalisis data dilakukan secara interaktif dan continue dengan melakukan reduksi dan penyajian data, serta verifikasi. Untuk menguji dan memastikan keabsahannya, peneliti menggunakan teknik triangulasi data.
Dalam penelitian ini, diperoleh dua kesimpulan: 1) Bisnis jastip melibatkan 3 pihak, yakni pihak outlet brand, personal shopper, dan customer. Pada akun jasa titip @Eka Khilya dan @titipin.aja.dulu, terdapat 2 sistem jasa titip, yaitu sistem uploading-ordering-shopping dan sistem shopping by request. Pada pelaksanaannya, terdapat beberapa hal yang disepakati oleh personal shopper dan customer, seperti metode pembayaran, metode pengiriman barang, dan tindak lanjut apabila barang titipan utama tidak tersedia. 2) Setelah menganalisis mekanisme jastip ang dijalankan kedua akun dengan tinnjauan akad ba’i as salam, wakalah bil ujrah, hingga murabahah, didapatkan hasil bahwa akad antara personal shopper dengan customer ialah akad wakalah bil ujrah. Sedangkan akad antara personal shopper dengan pihak outlet merupakan akad jual beli biasa pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Novia Indi Suhasti
Date Deposited: 27 Jul 2022 00:44
Last Modified: 27 Jul 2022 00:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item View Item