MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI JALUR NON AKADEMIK DI SMP AINUL YAQIN AJUNG JEMBER

laili, nur (2022) MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MELALUI JALUR NON AKADEMIK DI SMP AINUL YAQIN AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Nur laili.pdf

Download (6MB)

Abstract

Manajemen penerimaan peserta didik baru merupakan penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik/siswa mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman. Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Jalur Non Akademik sangat jarang sekali digunakan oleh sekolah umum yang berstatus SMP. diera COVID-19 saat ini kebanyakansekolah
hanya menggunakan jalur zonasi dan jalur online pada saat penerimaan peserta didik baru, oleh karena itu peneliti ingin mengkaji lebih dalam lagi bagaimana Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Jalur Non Akademik.
Berdasarkan uraian tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana manajemen penerimaan peserta didik baru melalui jalur non akademik di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung Jember?, 2) Bagaimana proses tes masuk peserta didik baru melalui jalur non akademik di Sekolah Menengah Pertama
Ainul Yaqin Ajung Jember?, 3) Bagaimana proses penyaringan peserta didik baru melalui jalur non akademik di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin Ajung Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis datanya menggunakan analisi data dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data: 1) kondenasi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Serta keabsahan data munggunakan kredibilitas data yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Adapun penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa:
Pertama, penerimaan peserta didik baru meliputi penyususnan rencana penerimaan peserta didik baru, pembentukan panitia, rapat kerja. pembagian tugas dan dan alur penerimaan peserta didik baru yaitu, pengumuman pendaftaran melalui brosur atau menggunakan papan pengumuman, pendaftaran yang akan
mengisi fomulir yang sudah disediakan oleh sekolah, seleksi yang bertujuan memberikan batasan jumlah peserta didik,pengumuman penetapan peserta didik baru dan yang terakhir daftar ulang. Kedua, tes masuk jalur non akademik di Sekolah Menengah Pertama Ainul Yaqin yaitu, pembacaan kitab makna mabadi
fiqih, baca tulis al-qur’an dan hafalan juz amma. Ketiga, daya tampung yang digunakan pada tahun kemarin dengan menggunakan kuota siswa 10 sampai dengan 15 murid yang diterima oleh Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru.
Kata kunci: Manajemen penerimaan peserta didik baru, jalur non akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Laili
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:06
Last Modified: 14 Jul 2022 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item