Respon Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Melalui Media Gadget Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/ 2022

Roviani, Darojah (2022) Respon Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Melalui Media Gadget Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Roviani Darojah_WM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Roviani Darojah, 2021 : Respon Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Hasil Belajar Melalui Media Gadget Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Dosen Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Moh. Khusnuridlo, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. H. Mashudi, M.Pd
Kata Kunci : Respon Guru, Penggunaan Gadget, Pembelajaran PAI
Pada era digital, Pendidikan Islam dituntut mampu menyesuaikan diri agar tidak tertinggal jauh dari Pendidikan model lainnya. Tujuan penggunaan perkembangan teknologi dan perangkat digital adalah memudahkan berbagai aktivitas dan program pendidikannya baik pada tataran perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana respon guru pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap hasil belajar kognitif siswa melalui media gadget di SMA Negeri 1 Leces.? (2) Bagaimana respon guru pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap hasil belajar afektif siswa melalui media gadget di SMA Negeri 1 Leces.? (3) Bagaimana respon guru pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap hasil belajar psikomotorik siswa melalui media gadget di SMA Negeri 1 Leces.?
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan respon guru pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap hasil belajar kognitif siswa melalui media gadget di SMA Negeri 1 Leces. (2) Untuk mendeskripsikan respon guru pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap hasil belajar kognitif siswa melalui media gadget di SMA Negeri 1 Leces. (3) Untuk mendeskripsikan respon guru pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap hasil belajar kognitif siswa melalui media gadget di SMA Negeri 1 Leces.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di SMA Negeri 1 Leces. Peneliti menggunakan pendekatan dan jenis penelitian yaitu kualitaif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Respon Guru terhadap kognitif siswa dalam penggunaan gadget sebagai media pembelajaran PAI & Budi Pekerti yaitu sangat mendukung karna dengan menggunakan gadget sebagai media pembelajaran maka siswa jauh lebih aktif dan dapat mengeksplore materi diluar jangkauan yang biasa ia dapatkan. 2. Respon Guru terhadap Afektif siswa dalam penggunaan gadget sebagai media pembelajaran PAI & Budi Pekerti yaitu sangat mendukung tapi perlu adanya pengawasan karna dengan menggunakan gadget sebagai media pembelajaran peserta didik antusias dalam menerima materi sehingga guru juga ikud bersemangat dalam mengajar. 3. Respon Guru terhadap konatif siswa dalam penggunaan gadget sebagai media pembelajaran PAI & Budi Pekerti yaitu sangat mendukung tapi perlu adanya pengawasan karna kebebasan peserta didik mengakses laman apa saja di Handphone terkadang menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi baik hal yang positif maupun hal yang negatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Depositing User: Mrs Roviani Darojah
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:38
Last Modified: 10 Aug 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item