Pembelajaran Fiqih Mubtadi’ Materi Bab Thaharah Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing (AKS) Dengan Media Audio Visual Di Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger-Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Surur, Miftahus (2022) Pembelajaran Fiqih Mubtadi’ Materi Bab Thaharah Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing (AKS) Dengan Media Audio Visual Di Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger-Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Fix benar revisi OKe Sipp.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahus Surur, 2021.Pembelajaran Fiqih Mubtadi’Materi Bab Thaharah Menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing (AKS) Dengan Media Audio Visual di Kelas III B MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger-Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Fiqih Mubtadi’, Strategi Active Knowledge Sharing, Media Audio Visual.
Fiqih mubtadi’ merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang didalamnya berisi tentang materi fiqih dasar, dan dimuat dalam bentuk modul yang terdiri dari 2 jilid. Fiqih Mubtadi’berisi materi tentang bab bersuci dan sholat. Permasalahan yang dihadapi sebelum adanya materi fiqih mubtadi’ ini, yaitu dalam hal bersuci dan sholat yang sulit untuk dipahami dan dipraktikkan. Dalam proses pembelajarannya, para guru di MI Irsyadun Nasyi’in menggunakan strategi khusus yaitu strategi Active Knowledge Sharing (AKS)dan media audio visual.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan pembelajaran fiqih mubtadi’materi bab thaharahmenggunakan strategi Active Knowledge Sharing (AKS) dengan media audio visual di MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Puger Jember. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fiqih mubtadi’ menggunakan strategi Active Knowledge Sharing (AKS) dengan media audio visual di MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu : Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Penerapan pelaksanaan pembelajaran fiqih mubtadi’, meliputi : a) Perencanaan : Menyiapkan program tahunan, program semester, silabus, RPP, Menyiapkan buku dan media pembelajaran, membuat pertanyaan dalam pembelajaran fiqih mubtadi’ sebagai bentuk evaluasi. b) Pelaksanaan : Kegiatan awal: Guru mengucapkan salam, menanyakan kabar, membaca doa, mengecek kehadiran, memberikan pertanyaan tentang materi yang akan di pelajari,mempersiapkan buku dan media audio visual. Kegiatan inti: Guru menjelaskan materi menggunakan media pembelajaran,memberikan beberapa pertanyaan, apabila tidak bisa menjawab maka peserta didik yang lain diminta untuk saling membantu, Lalu guru meluruskan jawaban. Kegiatan akhir: meluruskan jawaban, membuat kesimpulan, memberikan motivasi dan terakhir doa bersama. c) Evaluasi: Evaluasi harian dan sumatif. 2) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fiqih mubtadi’, yaitu : a) Faktor pendukung internal : Peserta didik aktif dalam pembelajaran, peserta didik mampu memahami materi. b) Faktor pendukung eksternal : Modul fiqih mubtadi’ jilid I dan II, strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS), media audio visual menggunakan laptop dan sound system (sound box). c) Faktor penghambat internal : Memahami karakteristik gaya belajar peserta didik, peserta didik tidak memperhatikan, mengobrol sendiri, dan mengantuk, serta kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar. d) Faktor penghambat eksternal : Latar belakang dari keluarga peserta didik yang juga menjadi hambatan dalam pembelajaran, selanjutnya sarana pembelajaran yang masih minim seperti LCD proyektor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Miftahus Surur
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:58
Last Modified: 19 Jul 2022 01:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item