Peran Guru dalam Pelaksanaan Program Khotmil Qur'an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama' 02 Bondowoso Desa Pecalongan Kidul Kali Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso

Ansori, Rifqi (2022) Peran Guru dalam Pelaksanaan Program Khotmil Qur'an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama' 02 Bondowoso Desa Pecalongan Kidul Kali Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RIFQI ANSORI.pdf

Download (13MB)

Abstract

Pelaksanaan pendidikan agama Islam tidak terlepas dari pendidikan Al-Qur’an. salah satu contohnya pelaksanaan program khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso. Guru memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pendidikan Al-Qur'an karena guru mempunyai tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, serta mengevaluasi siswa.
Fokus masalah dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana peran guru khotmil Qur’an sebagai pendidik dalam pelaksanaan program Khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso? 2) Bagaimana peran guru khotmil Qur’an sebagai pembimbing dalam pelaksanaan program Khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso? 3) Bagaimana peran guru khotmil Qur’an sebagai pengasuh dalam pelaksanaan program Khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan peran guru khotmil Qur’an sebagai pendidik dalam pelaksanaan program khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso. 2) untuk mendeskripsikan peran guru khotmil Qur’an sebagai pembimbing dalam pelaksanaan program Khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso. 3) untuk mendeskripsikan peran guru khotmil Qur’an sebagai pengasuh dalam pelaksanaan program Khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknok analisis data secara induktif. Teknik penjamin keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi metode.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) peran guru sebagai pendidik dalam pelaksanaan program khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso adalah guru sebagai teladan yang baik bagi siswa, menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kegiatan khotmil Qur’an, dan guru sebagai penasehat agar siswa mempunyai perilaku dan karakter yang lebih baik dan terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan agama 2) peran guru sebagai pembimbing dalam pelaksanaan program khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso adalah menjalin hubungan yang baik dengan siswa, memberikankesmpatan kepada siswa untuk mengkonsultasikan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya, dan membantu serta membimbing siswa terus menerus secara berkelanjutan dalam membaca Al-Qur’an 3) peran guru sebagai pengasuh dalam pelaksanaan program khotmil Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama’ 02 Bondowoso adalah guru bersikap lemah lembut, penuh kasih sayang, menghindari sikap kasar, tidak pilih kasih, dan tidak mempermalukan siswa.
Kata Kunci: Peran Guru, Khotmil Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifqi Ansori Ansori
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:55
Last Modified: 15 Jul 2022 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item