Implrmrntasi pembelajaran teamtik integratif pada kegiatan menghafal Al-Qur'an di kelas 2 sds Islam ulul albab kaliwates tahun pelajaran 2021/2022

Andriyani, Retno (2022) Implrmrntasi pembelajaran teamtik integratif pada kegiatan menghafal Al-Qur'an di kelas 2 sds Islam ulul albab kaliwates tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Implementasi pembelajaran tematik intrgratif pada kegiatan menghafal Al-Qur'an di kelas 2 SDS Islam Ulul Albab)
BISMILLAH SKRIPSI RETNO FIKS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif yang dilaksanakan dengan mengaitkan tema atau materi yang dibahas diintegrasikan dengan hal-hal yang berdekatan dengan siswa/ yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti pada tema 3 tugasku sehari-hari yang diintegrasikan pada kegiatan menghafal Al-Qur’an siswa dengan tugas siswa sebagai ummat beragama yaitu melakukan sholat lima waktu dengan menghafalkan surat-surat pendek. Sehingga kegiatan menghafal Al-Qur’an berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Fokus pada penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif pada Kegiatan Menghafal Al-Qur’an siswa di kelas 2 SDS Islam Ulul Albab Kaliwates? (2) Bagaimana Dampak Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Pada kegiatan Menghafal Al-Qur’an di Kelas 2 SDS Islam Ulul Albab Kaliwates?
Tujuan pada penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif pada Kegiatan Menghafal Al-Qur’an siswa di kelas 2 SDS Islam Ulul Albab Kaliwates (2) Mendeskripsikan Dampak Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Pada kegiatan Menghafal Al-Qur’an di Kelas 2 SDS Islam Ulul Albab Kaliwates.
Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Dan Teknik wawancara menggunakan teknik wawancara semiterstruktur, observasi non pasrtisipan, dan dokumentasi analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari Penelitian ini adalah: Implementasi pembelajaran tematik integratif di kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. perencanaan meliputi model, media pembelajaran berupa gambar simbol pancasila, dan ayat yang disesuaikan dengan tema 3 “Tugasku sehari-hari” subtema 3 “Tugasku sebagai umat beragama” meliputi surat Al-Bayyinah, Al-Kautsar, dan Al-Ma’un yang dikemas di dalam RPP, Pelaksanaan meliputi kegiatan Pembuka dengan Ice breaking, mengulas materi yang lalu, dan membaca surat/ayat yang meliputi surat Al-Bayyinah, Al-Kautsar, Al-Ma’un, dan surat/ayat lainnya dengan menyampaikan tujuan pembelajaran. kegiatan inti dengan menyampaikan materi tentang tugasku sehari-hari sebagai umat beragama tema 3 subtema 3 dan mengaitkan materi pada tema yang diintegrasikan dengan hafalan ayat/surat yang bersangkutan dengan tema 3 “Tugasku sehari-hari” subtema 3 “Tugasku sebagai umat beragama” meliputi surat Al-Bayyinah, Al-Kautsar, dan Al-Ma’un. dan Penutup dengan motivasi, menyimpulkan materi, dan salam. sedangkan evaluasi meliputi penilaian tes ranah kognitif berupa hafalan surat Al-Bayyinah, Al-Kautsar, Al-Ma’un dan ujian semester. non tes ranah afektif dengan penilaian perilaku siswa sehari hari. Dampak Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kegiatan Menghafal Al-Qur’an di Kleas 2 SDS Islam Ulul Albab yaitu yaitu dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi dan peserta didik dapat menghafalkan surat/ayat yang berkaitan dengan tema 3 “tugasku sehari-hari” subtema 3 “tugasku sebagai umat beragama” surat Al-Bayyinah, Al-Kautsar, Al-Ma’un dan ayat-ayat lainnya dan mengimplementasikan tematik tema 3 subtema 3 dalam kegiatan sehari harinya. Serta siswa terlihat senang dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran tematik di kelas. Sehingga materi lebih dapat meresap ke dalam ingatan siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik Integratif; Kegiatan Menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nn Retno Andriyani
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:26
Last Modified: 19 Jul 2022 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item