Pengaruh Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2019.

M. Wildan Virdausi, - (2021) Pengaruh Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2019. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Akuntansi Syariah.

[img] Text
M. Wildan Virdausi_E20163008.pdf

Download (5MB)

Abstract

M. Wildan Virdausi, Daru Anondo, S.E., M.Si. 2021 : Pengaruh Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2019. Penghindaran Pajak adalah usaha meringankan beban pajak dengan tidak melanggar undang-undang. Penghindaran pajak dilakukan dengan menggunakan strategi, seperti memanfaatkan pengecualian dan potongan yang diperkenankan dalam ketentuan, maupun memanfaatkan hal-hal yang belum diatur dalam peraturan perpajakan yang berlaku. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap perilaku penghindaran pajak perusahaan. 2) Apakah dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap perilaku penghindaran pajak perusahaan. 3) Apakah kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap perilaku penghindaran pajak perusahaan. 4) Apakah komite audit berpengaruh signifikan terhadap perilaku penghindaran pajak perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional terhadap penghindaran pajak. 2) Untuk mengetahui pengaruh dewan komisaris independen terhadap penghindaran pajak. 3) Untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial terhadap penghindaran pajak. 4) Untuk mengetahi pengaruh komite audit terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang terdaftar di website Bursa efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Jumlah perusahaan perbankan yang dijadikan sampel sebanyak 25 perusahaan sehingga total sampel penelitian adalah 100. Data dianalisis dengan menggunakan analisisi regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan software SPSS versi 22. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. 2) Dewan komisaris independen tidak berpengrauh signifikan terhadap penghindaran pajak. 3) Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. 4) Komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, dan Tax Avoidance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:16
Last Modified: 14 Jul 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10334

Actions (login required)

View Item View Item