UPAYA PENCEGAHAN DAN SOLUSI TERHADAP FENOMEN CYBERBULLYING DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN IIMU KEGURUANUNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Ayu Wahyuni, Inggrid (2022) UPAYA PENCEGAHAN DAN SOLUSI TERHADAP FENOMEN CYBERBULLYING DI KALANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN IIMU KEGURUANUNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INGGRID T20181120.pdf

Download (2MB)

Abstract

Inggrid Ayu Wahyuni, 2022: Upaya Pencegahan dan Solusi Terhadap Fenomena Cyberbullying di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Kata Kunci: Pencegahan dan solusi, Cyberbullyng, Mahasiswa.
Perkembangan dalam bidang teknologi dan komunikasi saat ini telah banyak mengalami kemajuan, salah satu contoh kecanggihan yang dihadirkan oleh media saat ini adalah internet. Internet menyediakan segala macam informasi, baik informasi sosial maupun informasi yang lain. Informasi tersebut ada yang mengandung muatan positif, tetapi juga ada yang mengandung muatan negatif dan berdampak serius serta menjadi pemicu kenakalan pada kalangan remaja. salah satu masalah yang muncul akibat perkembangan teknologi interntet adalah cyberbullyng. Cyberbullyng merupakan tindakan mengejek, menakut-nakuti, menyebar informasi palsu dan mengancam orang lain yang dilakukan di dunia maya, seperti sosial media, whatsapp, dan email secara berulang
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana fenomena cyberbullying di kalangan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri kiai Haji Achmad Siddiq Jember?, 2) Bagaimana upaya pencegahan terhadap fenomena cyberbullying di kalangan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?, 3) Bagaimana solusi terhadap fenomena cyberbullying di kalangan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Jember?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkap adalah kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan editing, tabulating, analiting dan concloding.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Fenomena cyberbullying di kalangan mahasiswa Pendidikan Agama Islam khusunya angkatan 2018 terbilang cukup banyak, yakni perilaku cyberbullying dalam bentuk verbal yang dilakukan dengan menyebarkan informasi palsu, mengucilkan teman dalam grup chat, menghina dan membuat candaan yang tidak pantas kepada orang lain; 2) pencegahan dan solusi dari cyberbullyng dapat kita lakukan dengan berbagai cara. Memberikan pemahaman kepada diri sendiri mengenai cyberbullyng dan bagaimana dampaknya jika melakukan tindakan tersebut, merfikir kembali jika ingin menghina seseorang secara online, melontarkan kalimat-kalimat yang baik ketika berkomunikasi dengan teman, harus dapat memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik, 3) solusi yang dapat dilakukan yakni: a. jangan membalas komentar jahat dan menulis komentar sama negatifnya sebagai respon, b. jangan menganggap komentar negatif terlalu serius, c. jangan memendam sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Inggrid Ayu Wahyuni
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:41
Last Modified: 10 Aug 2022 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item