Analisis Mekanisme Klaim Dalam Aplikasi Produk BNI Life Insurance (Employee Benefits) Pada PT. Bank BNI Syariah KC Jember

Tiara Aninditya Rahmawati, - (2020) Analisis Mekanisme Klaim Dalam Aplikasi Produk BNI Life Insurance (Employee Benefits) Pada PT. Bank BNI Syariah KC Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
Tiara Aninditya Rahmawati_E20151227.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tiara Aninditya Rahmawati, Dr.Abdul Wadud Nafis,L.C.,M.E.I 2020; Analisis Mekanisme Klaim Dalam Aplikasi Produk BNI Life Insurance (Employee Benefits) Pada PT. Bank BNI Syariah KC Jember Klaim asuransi jiwa adalah suatu tuntutan dari hak pemegang polis yang ditunjuk sebagai pihak asuransi atas sejumlah pembayaran uang pertanggungan atau uang tunai yang timbul karena syarat-syarat dalam perjanjian asuransinya telah dipenuhi. Pentingnya prosedur klaim asuransi jiwa adalah untuk memudahkan tertanggung pada saat ingin mengajukan suatu klaim atas dirinya. Fokus penelitiannya adalah;bagaimana mekanisme klaim dalam aplikasi produk BNI Life Insurance (Employee Benefits) pada PT. Bank BNI Syariah KC Jember. Dengan tujuan penelitian mengetahui bagaimana mekanisme klaim yang ada dalam aplikasi produk BNI Life Insurance (Employee Benefits) pada PT. Bank BNI Syariah KC Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian Field Research. Sementara teknik penelitiannya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data yaitu menggunakan kesimpulan dan saran. Dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu; prosedur pengajuan klaim pada PT. BNI Life Insurance adalah apabila tertanggung mengajukan pencairan dana klaim dengan mengisi semua formulir dengan benar dan membawa dokumen yang telah dipersyaratkan oleh PT. BNI Life Insurance tanpa adanya kekeliruan, maka klaim akan disetujui dan bagian claim analyst mempunyai standart proses klaim selama 30 hari atau satu bulan kerja untuk menyelesaikan setiap klaim yang masuk dengan catatan semua persyaratan dan dokumen telah dipenuhi. Klaim akan ditunda atau pending apabila ada persyaratan dan dokumen yang kurang, maka perusahaan perasuransian akan meminta kelengkapan data dari tertanggung, akibatnya klaim akan ditunda sebelum semua datanya lengkap. Tetapi klaim akan ditolak seluruhnya apabila ditemukan data yang tidak wajar dan tidak benar. Mekanisme pengajuan klaim terdapat 3 tahapan; 1) nasabah atau tertanggung mengajukan klaim terhadap PT.BNI Life Insurance 2) PT.BNI Life Insurance menerima berkas nasabah, dan memeriksa kelengkapan data serta dokumen dari tertanggung yang telah dibawa 3) PT.BNI Life Insurance melakukan verifikasi apakah pengajuan klaim oleh tertanggung dapat disetujui atau tidak. Kata Kunci: Mekanisme, Klaim, Asuransi, BNI Life Insurance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:06
Last Modified: 14 Jul 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10364

Actions (login required)

View Item View Item